ABC

Pekan Orientasi Bagi Mahasiswa Baru di Australia Bebas Ospek

Di Australia, Pekan Orientasi menandai awal dari dimulainya tahun ajaran baru. Tidak ada ospek bagi mahasiswa baru. Justru menjadi saat yang tepat bagi mereka untuk mengetahui semua isi dan fasilitas kampus... dan mencari teman baru!

Perpeloncoan dan jenis 'penyiksaan' bagi para mahasiswa baru dari pada seniornya, bukanlah budaya pendidikan Australia.

Mereka justru menggelar pekan Orientasi, atau dikenal dengan istilah 'O-Week'.

O-Week menjadi pekan sebelum dimulainya perkuliahan. Kegiatan kuliah di Australia bisa mencapai sekitar 16 minggu untuk satu semester.

Selama sepekan, mahasiswa baru bisa datang ke kampus untuk lebih mengenal kampus dan kegiatan perkuliah. Tentunya sangat penting, terutama bagi mahasiswa baru asal luar Australia untuk lebih memahami sistem pendidikan di Australia dan menggunakan fasilitas yang disediakan kampus.

Sejumlah kegiatan juga digelar dalam pekan orientasi, mulai dari pameran klab dan perkumpulan mahasiswa, kesempatan berbicara dengan perwakilan mahasiswa, hingga mencari teman baru.

Menjadi anggota dari salah satu perkumpulan mahasiswa sangat dianjurkan oleh pihak universitas, untuk memberikan keseimbangan hidup ditengah kesibukan kuliah.

Mahasiswa baru juga akan diberikan pengarahan soal cara penggunaan perpustakaan, bagaimana cara menulis dan menyadur karya ilmiah orang lain, hingga seluk beluk melakukan riset dengan bantuan internet.

Mereka juga diberikan kesempatan selama dua minggu untuk mencoba mata kuliah yang hendak diambil, sebelum memutuskan mengambil dan membayar mata kuliah tersebut.

Bagi Anda mahasiswa baru atau hendak kuliah di Australia, berikut panduan untuk mahasiswa internasional di Australia.

Tonton juga seperti apa pekan orientasi tanpa ospek, lewat video berikut ini.