ABC

Pegiat Aborijin Andrea Mason Jadi Pengusaha Perempuan Australia Terbaik 2016

Seorang pemimpin warga aboriin Andrea Mason, yang memimpin organisasi guna membantu lebih dari 3 ribu perempuan di kawasan terpencil di Northern Territory, telah terpilih sebagai Pengusaha Australia Terbaik tahun 2016.

Mason adalah Direktur Eksekutif Dewan Wanita Ngaanyatjarra Pitjantjatjara Yankunytjatjara (NPY) yang menangani wilayah sekitar 35 ribu kilometer persegi di Australia bagian Tengah, dalam usaha memberdayakan perempuan dan keluarga mereka.

Penghargaan ini diterimanya hanya dua minggu setelah dia juga dinyatakan sebagai NT Australian of the Year.

Pihak penyelenggara mengatakan Mason telah berhasil memecah rantai kekerasan rumah tangga di sana, dan terlibat dengan masyarakat setempat, dan dalam waktu bersamaan memimpin dengan cara manusiawi dan memperhatikan masalah budaya.

"Saya berada di dalam sebuah organisasi dimana saya berada di posisi yang tepat di saat yang tepat, dan melakukan hal yang tepat dengan orang yang tepat." kata Mason kepada ABC.

"Saya kira itulah mengapa perubahan terjadi khususnya di masyarakat terpencil dimana semua orang bekerja bersama-sama untuk satu tujuan".

Duta bagi penghargaan ini Joe Pollard mengatakan dia bangga bahwa Mason mendapat penghargaan atas apa yang sudah dikerjakannya selama ini.

"Mason berbicara secara terhormat dan memimpin dengan manusiawi dan memperhatikan betul masalah budaya."

"Dia sudah menunjukkan hasil nyata dalam memecah rantai kekerasan rumah tangga, yang secara potensial bisa menjadi terobosan bagi perempuan dalam menangani salah satu masalah paling besar yang ada di Australia."

"Dia telah melibatkan seluruh komunitas dalam kegiatannya, dan membuat cetak biru untuk bagi perubahan. Yang juga penting adalah Mason telah mengembangkan proses ini secara komersial yang bisa dikembangkan di tempat sehingga ini semua bisa berkelanjutan."

Keadilan warga aborijin

Di tahun 2009, Andrea Mason diangkat menjadi CEO Dewan Wanita NPY, yang memberikan dukungan kepada para anggota lewat layanan jasa, pendidikan, pekerjaan dan nasehat hukum.

Semua jasa ini diperuntukkan bagi perempuan dan keluarga mereka, untuk meningkatkan kapasitas dalam menjalani kehidupan yang lebih aman dan sehat, dengan pilihan hidup lebih banyak.

Andrea Mason
Andrea Mason memimpin sebuah organisasi yang membantu lebih dari 3500 wanita di Northern Territory agar mereka lebih berdaya.

Supplied: npywc.org.au

Dia mengatakan bahwa sebagai seorang perempuan aborijin, bekerja untuk memimpin organisasi bagi perempuan aborijin merupakan salah satu puncak dalam karirnya.

"Komitmen oleh para wanita untuk menangani masalah paling sulit di komunitas ini, bagi saya menunjukkan adanya tekad yang ada di dalam komunitas terpencil ini." kata Mason.

Dia mengatakan menurunya jumlah orang yang kecanduan menghirup bau bensin dan membuat perubahan berkenaan dengan kekerasan domestik merupakan pencapaian dari organisasi yang dipimpinnya.

"Kami dulu melihat adanya tingkat kekerasan yang tinggi, dan sebenarnya itulah jasa layanan pertama yang kami mulai lebih dari 20 tahun lalu." katanya.

"Saya bisa mengatakan bahwa hari ini itulah fokusnya, sementara kami harus terus mendukung para wanita yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga mereka, sekarang sudah ada dorongan lebih kuat untuk mencegah hal tersebut terjadi pada kiorban, keluarga mereka, dan juga berusaha mengjangkau pria ke dalam usaha pencegahan." kata Mason.

Diterjemahkan pukul 12:30 AEST 17/11/2016 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini