ABC

Paus Bungkuk Putih Terlihat di Lepas Pantai New South Wales

Paus bungkuk putih yang dikenal sebagai ‘Migaloo’ telah terlihat oleh warga lokal di lepas pantai utara New South Wales, dalam sebuah migrasi tahunan.

Warga lokal Byron Bay, Alison Reid, memesan tur kapal untuk melihat paus dengan tujuan agar bisa melihat ‘Migaloo’ secara langsung, dan tak kecewa.

Ia memotret Migaloo di lepas pantai Byron Bay pada sekitar pukul 10 pagi hari Selasa (26/7), dan mengawasinya bermain-main dengan paus bungkuk lainnya selama sekitar dua jam.

"Saya menangis. Saya berteriak 'Kamu paus cantik, terima kasih untuk berada di sini untuk kami hari ini'. Ia luar biasa. Ini benar-benat pemandangan yang luar biasa, ini seperti mimpi," tutur Alison.

Migaloo di Dekat Byron Bay
Anak dari Migaloo, berenang di lepas pantai Byron Bay pada Selasa (26/7), pertama kali terlihat pada tahun 2004.

Supplied; Alison Reid

Ia mengatakan, dirinya pernah keranjingan melihat paus selama beberapa dekade, tapi ini adalah pengalaman pertamanya melihat Migaloo.

"Saya sudah menguntitnya selama 20 tahun," aku Alison Reid.

"Saya memesan tur ini dengan peluang untuk bisa bertemu dengan Migaloo dan ternyata kami mendapat kesempatan emas,” lanjutnya.

Ia menuturkan, "Kondisinya sempurna, matahari bersinar, ia datang ke perahu kami, ia datang di bawah perahu kami, lumba-lumba datang, itu benar-benar luar biasa.”

"Pagi (26/7) ini, ibu menelepon dan berkata, ia melewati Tanjung hari ini dan saya berkata 'Oh Tuhan, saya akan melihat Migaloo hari ini," sambungnya.

Migaloo dan Gunung Warning
Anak dari Migaloo si paus bungkuk putih, dengan Gunung Warning sebagai latar.

Supplied; Alison Reid

Migaloo juga terlihat dari Iluka di utara New South Wales pada Senin (25/7) sore, dan di lepas pantai Gold Coast tak lama setelah melewati Byron Bay.

Pusat Penelitian Paus Putih mencatat, penampakan pertama Migaloo di tahun 2016 terjadi di lepas pantai Port Stephens pada 22 Juli.

Migaloo pertama kali difoto pada bulan Juni 1991 di lepas pantai Byron Bay, dan menjadi satu-satunya paus bungkuk serba putih yang didokumentasikan di dunia.

Migrasi selatan tahunan dari paus bungkuk biasanya terjadi antara bulan September dan November.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 16:45 WIB 26/07/2016 oleh Nurina Savitri.