ABC

Paus Bongkok Balikkan Kapal Yacht, Penumpang Terluka

Enam pria mengalami luka-luka setelah ikan paus bongkok membalikkan kapal yacht yang mereka tumpangi saat berada di kawasan perairan Whisundays, di negara bagian Queensland (Australia).

(Peringatan: Artikel ini berisi gambar yang akan mengejutkan bagi sebagian pembaca)

Mereka sedang dalam perjalanan pulang setelah memancing di kawasan terumbu karang hari Sabtu, ketika paus bongkok itu berada di bawah kapal yang panjangnya 8,5 meter tersebut di dekat Gloucester Island.

Dampak dari apa yang dilakukan paus tersebut berikut kerasnya, sehingga penumpang di dalam kapal tersebut terlempar dan dua di antaranya sempat pingsan.

Paus ini terlihat di laut di sekitar Whitsunday sehari sebelum menabrak kapal A-One.
Paus ini terlihat di laut di sekitar Whitsunday sehari sebelum menabrak kapal A-One.

Facebook: A-One Fishing Charters

Seorang di antaranya, turis internasional yang tak disebutkan namanya, masih berada di Rumah Sakit Proserpine, dengan cedera wajah serius, sementara tiga pria lainnya yang juga mengalami luka-luka sudah diperbolehkan pulang.

Kapten kapal tersebut Oliver Galea mengalami luka menganga di dahinya, dan memasang gambar luka tersebut di media sosial.

Salah seorang pemilik kapal, Rachel Carpenter, mengatakan mereka beruntung tidak ada yang tewas dalam kejadian itu.

A-One Fishing Charter skipper Oliver Galea suffered a major gash to his head when a whale hit their chartered fishing boat.
A-One Fishing Charter skipper Oliver Galea suffered a major gash to his head when a whale hit their chartered fishing boat.

Facebook: A-one Fishing Charters

"Kejadiannya bisa lebih buruk lagi. Mereka beruntung karena kapalnya walau terhempas tidak terbalik, dan kapalnya juga tidak tenggelam, dan tidak ada penumpang yang jatuh ke dalam laut," katanya.

"Mereka mengira menabrak kontainer kapal, atau rongsokan dari Badai Debbie," kata Carpenter.

Mereka tidak pernah membayangkan bahwa yang melakukan hal tersebut adalah paus bongkok.

Daerah perairan Whitsundays merupakan tempat perkembangbiakan paus. Kawasan yang lebih hangat airnya memang merupakan tempat favorit bagi paus untuk beranak.

Diterjemahkan pukul 12:55 AEST 7/8/2017 oleh Sastra Wijaya. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini