ABC

Pasien Gagal Ginjal Australia Kini Bisa Cuci Darah di Bis Sambil Liburan

Bagi banyak pencinta liburan, keputusan terbesar yang harus mereka buat adalah memutuskan tempat liburan. Namun bagi penderita gagal ginjal, tujuan liburan mereka ditentukan oleh tempat di mana mereka bisa melakukan cuci darah (dialisis).

Bulan ini, pasien cuci darah dari seluruh Australia tengah berlibur ke wilayah Mildura, yang terlaksana karena Bis Ginjal Merah atau ‘Big Red Kidney Bus’ telah meluncur ke daerah Sunraysia.

Ian Weinert, dari Adelaide, merasa senang karena bisa membawa karavan dan perahu-nya ke Mildura untuk liburan tiga minggu.

Bis Ginjal Merah -program pertama di dunia yang dilakukan oleh lembaga Kesehatan Ginjal Australia dan lembaga Kesehatan Monash –memungkinkan Ian untuk berlibur dan memancing ikan di Sungai Murray.

Ian, yang telah mengalami ginjal selama lima tahun terakhir, dan istrinya, Olive, tak memiliki kemewahan untuk memilih sembarang tempat bagi liburan mereka.

Hal ini karena Ian perlu terhubung ke mesin dialisis setidaknya tiga kali seminggu.

"Tahun lalu, sebelum ada bis ginjal, hampir tak ada apapun -tempat lain sudah ditutup. Dalam kebanyakan kasus, Anda tak bisa masuk ke rumah sakit untuk cuci darah, jadi ini adalah satu-satunya cara agar kami bisa melakukannya,” ungkap Ian.

“Saya tak suka melihat kondisi ini, karena kami akan bergabung di Taman Karavan Halls Gap selama dua minggu pada akhir tahun, jadi kami sangat menantinya,” sambungnya.

Ia menambahkan, "Saya melakukan cuci darah di rumah sakit tetapi semakin sulit dan sulit untuk melakukannya di sana ke jadi ketika layanan ini muncul, itu benar-benar membuka pintu bagi kami agar bisa datang ke sini, saya dan istri saya.”

6 pasien sehari sibukkan tim medis

Kehidupan di Bis Ginjal Merah begitu sibuk -ada tiga pasien di pagi hari, diikuti oleh tiga lainnya di sore hari.

Bagi beberapa pasien, ini adalah kesempatan untuk bertemu orang baru, sementara yang lainnya memilih tidur, membaca atau menonton televisi.

"Ini semua terserah pada individu dan Anda dibatasi dengan apa yang bisa Anda lakukan, satu lengan anda terikat dan dua jarum tertancap di dana," tutur Ian.

"Para pasien dan perawat saling tertawa dan sangat baik ... untuk bisa bergabung di lingkungan ini. Ruangannya sangat berdekatan, sangat sempit dan tak ada banyak ruang, tetapi kami semua mengatasinya," ceritanya.

Bis Ginjal Merah ini diparkir di taman karavan BIG4 Maldura dan dikelola oleh perawat cuci darah dan teknisi ginjal.

Selanjutnya, bis ini akan mengunjungi wilayah Echuca, mulai dari 4-23 April, kemudian pindah ke Halls Gap pada bulan September dan Oktober lalu ke Lorne dari 7 November-17 Desember.

Tahun depan, bis ini berencana untuk menawarkan layanan di Melbourne dan wilayah Lakes Entrance.