ABC

Pasca Operasi Penumpasan Teroris, Pemerintah ACT Temui Komunitas Muslim

Serangkaian pertemuan akan digelar antara pemerintah ACT dengan komunitas muslim lokal untuk menjelaskan rangkaian penggerebekan teroris di Sydney dan Brisbane.

 

Pada Kamis lalu lebih dari 800 orang personil polisi melancarkan operasi penyergapan teroris di rumah-rumah dan kendaraan, operasi ini merupakan operasi terbesar dalam sejarah operasi kontra - terorisme yang pernah dilakukan di Australia.

Kepala Menteri Katy Gallagher akan bertemu dengan anggota komunitas muslim beberapa pekan mendatang sebagai upaya mempererat hubungan dan memastikan keharmonisan dengan komunitas muslin di kedua kota tersebut.

Penyergapan teroris ini berlangsung menjelang pelaksanaan konferensi masyarakat muslim mengenai muslim radikal yang akan digelar Oktober mendatang.

"Kami menjaga kemungkinan adanya peningkatan kekhawatiran di masyarakat, terutama dari komunitas muslim," kata Gallagher.

"Kita telah melihat banyak kejadian pasca  9/11 di mana isu yang terjadi di masyarakat, dapat memicu ketegangan dan karenanya kita harus mampu untuk mencegah dan mengatasi hal itu.

"Saya pikir itulah gunanya pertemuan mendatang dengan komunitas muslim, itulah yang akan kita lakukan,"

Menteri Urusan Multikultural, Joy Burch telah juga melakukan pembicaraan dengan para pemimpin dari komunitas Muslim setelah serangan pada hari Kamis lalu.

Perdana Menteri Tony Abbott juga mengumumkan bahwa pengamanan di Gedung Parlemen ditingkatkan menyusul munculnya "obrolan" di antara jaringan pendukung teroris tentang kemungkinan serangan terhadap pemerintah Australia.