ABC

Pasar Ikan Sydney Terbesar di Dunia Selatan

Pasar ikan mungkin identik dengan pasar becek, berlumpur, dan bau tidak sedap. Namun Pasar Ikan Sydney tidak saja menjadi tempat bisnis tapi juga menyelenggarakan tur untuk melihat-lihat kawasan tersebut.

Pasar Ikan Sydney atau yang disingkat SFM ini merupakan pasar ikan terbesar di dunia di belahan bumi bagian selatan.  Pasar ikan terbesar di dunia adalah di Tokyo Jepang, dan SFM menyajikan variasi produk laut paling besar di dunia kedua setelah Jepang.

ABC: Lili Tu
Kegiatan di pasar tersebut dimulai dari pukul 05.30 pagi, dan setiap harinya sekitar 52 ton produk laut dijual baik dalam bentuk lelang maupun dijual untuk perorangan.
ABC: Lili Tu
Ikan Salmon yang berasal dari Tasmania merupakan ikan segar yang didatangkan tengah malam. Harga produk laut di Sydney ini memang tidaklah murah namun kualitasnya tinggi.

Ikan salmon utuh ini dijual sekitar 17 dolar per kilo (sekitar Rp 170 ribu), sementara kalau sudah dalam bentuk fillet, satu kilonya bisa mencapai Rp 300 ribu.
ABC: Lili Tu
Salah satu kegemaran utama warga Australia adalah udang, yang dijual sekitar Rp 350 ribu per kilo.
ABC: Lili Tu
Di kawasan yang sama di Pasar Ikan Sydney ini, selain menjual produk segar, juga ada berbagai restoran yang tentu saja spesialisasinya adalah menjual makanan laut.
ABC: Lili Tu
Australia adalah negara imigran, sehingga mereka yang berjualan di Pasar Ikan Sydney ini juga berasal dari berbagai latar belakang etnis.