ABC

Pasangan Sesama Jenis di Queensland Akan Bisa Adopsi Anak

Di bawah usulan amandemen Undang-Undang Adopsi Queensland, pasangan sesama jenis dan lajang akan diizinkan untuk mengadopsi anak.

Menteri Sosial Queensland, Shannon Fentiman, mengatakan, akan ada perubahan besar terhadap UU Adopsi 2009 setelah kajian yang dilakukan tahun ini menemukan dukungan yang luar biasa untuk menghilangkan diskriminasi itu.

Perubahan yang diusulkan, yang harus diputuskan Parlemen pada bulan Agustus, membolehkan kelompok orang yang saat ini dilarang mengadopsi untuk memenuhi syarat.

Adopsi Oleh Sesama Jenis dan Lajang Akan Dilegalkan di Queensland
Shannon memotong kue pelangi dengan Julie dan Lea untuk menandai peristiwa diusulkannya amandemen.

ABC; Ellie Sibson

Hal ini mencakup pasangan sesama jenis, lajang dan pasangan yang menjalani perawatan kesuburan seperti IVF (bayi tabung).

"Ini adalah waktunya bagi Queensland bergabung dengan negara bagian Australia lainnya untuk menghapus pasal kuno ini dari hukum adopsi kami," jelas Menteri Shannon.

"Saya bangga mengatakan, kami akan memperluas kriteria kelayakan untuk memungkinkan kelompok-kelompok ini mengadopsi," sebutnya.

Selama bertahun-tahun, Julie Carrington dan Lea Sanson telah ingin mengadopsi anak asuh.

"Ini adalah waktu yang sangat emosional bagi kami. Sudah enam tahun kami menunggu. Kami akhirnya bisa menjadi ibu," tutur Julie Carrington.

Reformasi yang diusulkan ini juga akan menghapus pelanggaran serta hukuman atas pelanggaran pernyataan kontak adopsi sebelum Juni 1991.

Pengacara keluarga, Stephen Page, mengatakan, orangtua yang baik tak didasarkan pada seksualitas.

"Anda tak harus berada dalam hukum keluarga untuk waktu yang lama guna menyadari bahwa seksualitas bukanlah hal yang penting, kualitas pengasuhan-lah penentunya," jelas Stephen.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 10:45 WIB 07/08/2016 oleh Nurina Savitri.