ABC

Partai Nasional Australia Sesalkan Perlakuan yang Dialami Tony Abbott

Partai Nasional yang bersama Partai Liberal merupakan koalisi pemerintahan Australia, sangat menyesalkan perlakuan kalangan Partai Liberal terhadap Tony Abbott, yang digeser dari posisinya sebagai perdana menteri melalui voting internal di Partai Liberal.

Partai Nasional yang berbasis di daerah pedalaman Australia ini bahkan mengancam tidak akan bekerja sama dengan pemimpin Partai Liberal sekaligus perdana menteri yang baru, Malcolm Turnbull.

Sumber ABC di kalangan Partai Nasional menyatakan partai mereka sebaiknya melakukan kesepakatan baru dengan Turnbull, terutama dalam kebijakan yang akan menguntungkan wilayah pedalaman.

Ketua Partai Nasional Warren Truss, Wakil Ketua Partai Nasional Barnaby Joyce dan PM Australia yang baru Malcolm Turnbull.
Ketua Partai Nasional Warren Truss, Wakil Ketua Partai Nasional Barnaby Joyce dan PM Australia yang baru Malcolm Turnbull.

 

Selama ini banyak politisi Partai Nasional yang tidak menyukai Malcolm Turnbull khususnya dalam isu perdagangan karbon, saat Turnbull menjadi pimpinan Partai Liberal tahun 2009 sebelum ia dikalahkan oleh Tony Abbott.

Sejumlah anggota parlemen dari Partai Nasional bahkan mempertimbangkan  untuk melepas jabatan mereka di kabinet dan bertindak lebih independen dalam pemerintahan ke depan.

"Badut-badut itu (Partai Liberal) membuat kita (Australia) tampak seperti negara gagal di kepulauan Pasifik - mengapa kami di Partai Nasional harus serta-merta mendukung mereka?" ujar seorang politisi Partai Nasional menanggapi terpilihnya Turnbull.

Secara terpisah Wakil Ketua Partai Nasional Barnaby Joyce menegaskan aspirasi partainya harus diperhitungkan dalam kesepakatan baru pemerintahan koalisi di Australia.

"Tidak ada yang namanya pemerintahan Partai Liberal. Yang ada adalah Pemerintahan Koalisi," tegas Joyce, yang selama ini menjabat Menteri Pertanian.

Namun secara politik tidak terbuka kemungkinan bagi Partai Nasional untuk bergabung dengan Partai Buruh di pihak oposisi.

Banyak politisi Partai Nasional marah karena Malcoilm Turnbull sama sekali tidak menyinggung Partai Nasional dalam konferensi eprs pertamanya usai terpilih menjadi perdana menteri yang baru, Senin (14/9/2015) tengah malam.

"Kami akan memrtimbangkan semua pilihan dengan kepala dingin, tidak terburu-buru," ujar Matt Canavan, salah seorang senator dari Partai Nasional.