ABC

Partai Buruh kecam kebijakan tidak umumkan kedatangan kapal pencari suaka

Jurubicara Partai Buruh bidang Imigrasi, Tony Burke, telah mengecam langkah Pemerintah Federal Australia untuk tidak mengumumkan kedatangan kapal-kapal pencari suaka, dan memperingatkan tentang terciptanya suatu "kultur kerahasiaan".

Pemerintah terdahulu mengeluarkan pengumuman lewat media setiap kali sebuah kapal pencari suaka tiba, tapi tidak ada pengumuman yang dikeluarkan sejak pemerintah baru dilantik.

ABC bertanya kepada Pabean dan Departemen Imigrasi apakah ada kapal pencari suaka yang tiba di hari-hari belakangan ini, tapi pertanyaan itu dilempar ke kantor Menteri Imigrasi.

Jurubicara Menteri Imigrasi Scott Morrison tidak bersedia menjelaskan apakah ada kapal pencari suaka yang tiba. Ia mengatakan, rincian lebih detail tentang kebijakan Operation Sovereign Borders akan segera dikeluarkan.

Tony Burke, mantan menteri imigrasi Partai Buruh, mengatakan, seharusnya informasi itu diumumkan secara otomatis.

Kepada Sky News, Sekretaris Parlemen Steve Ciobo menyebut kritikan Partai Buruh itu "nyaring" dan "histeris". Dikatakannya, pemerintah baru dan sistemnya akan transparan.

Tujuh kapal pencari suaka - dengan 480 penumpang - tiba antara 7 September (hari pemilu) dan Selasa lalu, hari sebelum Pemerintah Koalisi dilantik.