ABC

Parlemen Australia Selatan Akan Siarkan Sidang Langsung

Sidang parlemen di negara bagian Australia Selatan untuk pertama kalinya minggu depan akan mulai menyiarkan seluruh persidangan langsung di situs mereka.

Keputusan itu diambil 10 ahun setelah parlemen federal di Canberra melakukan hal yang sama.

Dengan itu masyarakat akan bisa menyaksikan sidang di majelis rendah dan majelis tinggi parlemen di Adelaide tersebut.

Namun akses yang semakin terbuka untuk publik ini berarti pula media tidak lagi diijinkan melakukan pengambilan gambar sendiri.

Sejak menjadi Ketua Parlemen di tahun 2013, Michael Atkinson dari Partai Buruh sudah melonggarkan berbagai atura di parlemen Australia Selatan, dengan mengijinkan media mengambil rekaman dan foto anggota parlemen, bahkan ketika mereka tidak sedang berbicara.

Dengan adanya sistem siaran langsung tersebut, kamera televisi tidak akan dijinkan mengambil gambar sendiri, dan mereka hanya dijinkan melakukan hal tersebut dengan ijin khusus dan adanya pengetatan aturan.

Antara lain gambar dari siaran langsung ini tidak boleh digunakan untuk 'menjelekkan, merendahkan dan hal-hal yang berbau satir."

Atkinson mengatakan mulai sekarang publik umum tidak akan melihat lagi hal-hal yang tidak berkenaan dengan proses parlemen.

"Ini bisa seperti Kevin Rudd memakan kotoran dari kupingnya sendiri sampai mereka yang melakukan tindakan tidak patut." kata Atkinson.

Atkinson mengatakan sedang berlangsung diskusi mengenai apa saja yang akan disiarakan dalam siaran langsung tersebut.

TV cameras at SA Parliament
Seluruh sidang di parlemen di Adelaide akan disiarkan langsung

Supplied: Mike Smithson

Michael Atkinson mengatakan dia akan menerapkan aturan lebih ketat dalam hal liputan media di parlemen, namun kritikan terhadap apa yang terjadi di parlemen bukanlah ditujukan ke media.

"Sejak saya melonggarkan aturan empat atau lima tahun lalu, sudah terjadi berbagai tindakan yang tidak sepatutnya dari anggota parlemen dan staf." katanya.

"Contohnya seorang anggota parlemen akan merekam anggota lainnya meskipun dia tidak sedang berbicara, dan tidak terlibat apapun dalam persidangan, hanya karena ingin mengintimidasi anggota tersebut, dengan kemungkinan apa yang akan disiarkan."

"Terus terang saja saya muak dengan anggota parlemen yang saling mengambil rekaman satu sama lain di ruang sidang. Saya kira itu tindakan tidak bermartabat, dan saya senang itu mungkin tidak terjadi lagi."

Dalam siaran langsung ini akan digunakan enam kamera di masing-masing ruang sidang, dan konsultan proyek mengatakan mereka akan menggunakan teknologi terbaru yang tersedia di Australia saat ini.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini