ABC

Parlemen Australia Pertimbangkan Anggota Menyusui Bayi Selama Sidang

Anggota parlemen Australia kemungkinan akan diijinkan untuk menyusui bayi mereka selama sidang sebagai opsi yang sedang dikaji oleh parlemen di Canberra.

Ketua Komite Andrew Southcott dari Partai Liberal mengatakan hari Senin (9/11/2015)  bahwa peraturan mengenai larangan bagi hadirnya anak-anak di ruang sidang sedang dikaji kembali karena semakin banyaknya anggota parlemen adalah ibu yang baru  memiliki anak.

"Anda bisa mengatakan bahwa Parlemen sedang mengalami 'baby boom' dengan lebih dari 10 anggota parlemen memiliki anggota keluarga baru tahun ini." katanya.

"Dengannya, jumlah mereka yang akan menyusui di parlemen akan meningkat, sehingga peraturan perubahan untuk mendukung para wanita tersebut perlu dilakukan."

Dalam sistem yang ada sekarang ini, para anggota yang sedang menyusui ketika memberikan suara akan memberikan kepada seseorang untuk mewakilinya, dalam sistem yang dikenal dengan nama proxy vote.

Kelly O'Dwyer menjadi pemberitaan ketika menyusui bayinya di parlemen baru-baru ini.(ABC: 7.30)
Kelly O'Dwyer menjadi pemberitaan ketika menyusui bayinya di parlemen baru-baru ini.(ABC: 7.30)

Menurut Southcott, sistem proxy ini sedang dikaji kembali, sementara opsi lain juga dipertimbangkan.

"Komite akan mempertimbangkan apakah anggota diperbolehkan menyusui anak mereka di ruang sidang, di ruang sidang parlemen, atau selama pertemuan komite." katanya.

Batas waktu bagi masuknya berbagai pendapat mengenai hal tersebut akan ditutup hari Kamis, dua bulan setelah salah seorang anggota parlemen Kelly O'Dwyer menjadi bahan pemberitaan karena menyusui bayinya di parlemen.

Dalam laporan parlemen sudah dimuat berbagai contoh mengenai anggota parlemen yang membawa anak-anak mereka ke dalam sidang, termasuk Senator Sarah Hanson-Young, yang dipaksa untuk meninggalkan bayinya yang saat itu berusia dua tahun di luar ruang sidang dalam sebuah sesi di parlemen bulan Juni 2009.

Politisi lain yang juga membawa anak mereka ke ruang sidang namun tanpa insiden antara lain adalah mantan politisi Senator Natasha Stott Despoja dan Mark Latham.