ABC

Pangeran Harry hadiri Parade Kapal Perang Internasional di Syney

Pangeran Harry akan menemani Gubernur Jenderal Quentin Bryce di Pelabuhan Sydney hari ini untuk menyaksikan Kapal Perang Australia sebagai bagian dari penyelenggaraan Parade Armada Perang Internasional - International Fleet Review.

Kemarin, lebih dari 20 kapal perangn dari 17 negara memasuki Pelabuhan Sydney menandai 100 tahun sejak armada Royal Australian Navy (Angkatan Laut Australia) melakukan pelayaran pertamanya di perairan tersebut.

Kapal perang Australia yang paling mencuri perhatian publik dalam upacara tersebut adalah HMAS Sydney, yang muncul dari balik Anjungan Kapal Bradley's Head, diikuti oleh 6 kapal perang lainnya yakni - Darwin, Bundaberg, Perth, Parramatta, Diamantina and Huon.

Ribuan orang berkumpul di pinggiran pelabuhan Sydney menonton parade kapal perang tersebut dan para kru, dan upacara serupa akan kembali digelar dengan disaksikan oleh Pangeran Harry.

Kunjungan Pangeran Harry ini menandai kunjungan resmi pertama Sang Pangeran ke Australia mewakili keluarga kerajaan Inggris.

Harru menurut rencana akan meluangkan waktu di Sydney untuk bertemu dengan pemuda Australia yang terkenal karena membantu orang lain.

Upacara fleet review akan berlangsung pukul 11 hingga 14.30 waktu setempat dan akan  ada upacara penghormatan setelahnya.

Upacara ini disemarakan dengan pertunjukan lampu dan kembang api, dan akan disiarkan oleh ABC.

Komodor HMAS Sydney, Karl Brinckman mengatakan upacara fleet review pertama diselenggarakan [ada  tahun 1913 menandai pertama kali Australia hadir sebagai negara.

"Seratus tahun lalu armada Australia pertama berlayar, armada kapal yang benar-benar milik kita.” Katanya.

“sebelumnya armada yang kita miliki seperti kebanyakan kapal yang berasal dari Inggris.

"Sehingga peringatan Armada Australia ini sangat penting bagi pembentukan negara ini. negara Australia ketika itu hanya baru berusia 12 tahun