ABC

Pangeran Charles dan Putri Camilla Disambut Ratusan Warga Sydney

Pasangan asal kerajaan Inggris mendapat sambutan hangat dari ratusan warga Sydney yang berkumpul di Martin Place. Keduanya juga sempat mengunjungi satuan polisi berkuda, karena mereka sama-sama menggemari kegiatan berkuda.

Pangeran Charles dan Putri Camilla berkesempatan berjumpa dengan warga di pusat kota Sydney, Kamis siang (12/11).

Dengan ditemani Premier Mike Baird, setingkat gubernur dari negara bagian New South Wales, keduanya tampil di hadapan publik di kawasan Martin Place.

Ratusan warga terlihat membawa bendera kecil Australia dan beberapa membawa karangan bunga.

Pangeran Charles tampak sedikit terkejut saat seorang warga memberikan sebuah kantung plastik, yang ternyata hadiah yang belum diketahui apa isinya. 

Sekelompok siswa dari SMA Caringbah, di selatan Sydney, terlihat berada di antara kerumunan.

"Saya suka keluarga kerajaan, tapi saya tidak terlalu setuju jika mengatakan mereka mewakili nilai-nilai Australia saat ini," kata salah satu siswa bernama Matt Robson

"Australia adalah masyarakat multikultural, dan berpikiran lebih maju."

Siswa lainnya, Maya Eswarn mengatakan kunjungan ini menjadi penting bagi Australia untuk mengenali ikatan sejarah dan budaya dengan Inggris.

"Tapi saya pikir harus ada pemisahan dari sistem politik kita," katanya.

Sebelum kedatangannya ke Martin Place, pasangan dari kerajaan Inggris ini sempat mengunjungi Satuan Kepolisian Berkuda, yang juga bertemu dengan Kepala Kepolisian New South Wales, Komisaris Polisi Andrew Scipione.

Putri Camilla, yang mendapat jabatan Duchess of Cornwall, juga adalah penunggang kuda dan seringkali aktif dalam kegiatan berkuda. Ia sempat memberikan kritikan soal kuda yang berada di kandang kuda milik kepolisian. Sementara Pangeran Charles mengunjungi museum milik satuan kepolisan berkuda.

Keduanya juga sempat menyaksikan demonstrasi yang dilakukan oleh satuan khusus tersebut dan dari salah satu penunggang kuda yang memiliki disabilitas.

Komisaris Scipione mengatakan kunjungan keduanya sebagai sebuah "kehormatan besar".

"Hari ini kami benar-benar senang, karena sudah menjamu tamu dari kerajaan," ujarnya.
"Ini seolah mengakui kerja keras yang telah dilakukan oleh kami, kepolisian NSW."

"Hari-hari seperti ini tidak selalu terjadi setiap saat, tapi bagi kami ini tentunya akan menjadi sesuatu yang terus diingat..."

Crowds in Martin Place wait for the arrival of Prince Charles and Camilla, Duchess of Cornwall. ABC News: Mazoe Ford.
Crowds in Martin Place wait for the arrival of Prince Charles and Camilla, Duchess of Cornwall. ABC News: Mazoe Ford.


Kunjungan tahun ini menjadi kunjungan ke-15 Pangeran Charles ke Australia. Sementara Putri Camilla baru dua kali ke Australia.

Keduanya terkahir kali mengunjungi Sydney di tahun 2012 sebagai bagian dari Peringatan Masa Kepemimpinan Ratu Elizabeth yang ke 60 tahun.

Pasangan ini juga sempat menghadiri upacara Remembrance Day yang mengenang pahlawan yang gugur di Perang Dunia, yang digelar di Australian War Memorial di Canberra.