ABC

Panen Dini Varietas Mangga Madu Asia di Darwin

Varietas mangga Asia mulai dipanen di daerah pedesaan Darwin, beberapa bulan lebih awal ketimbang sebagian besar hasil panen di wilayah ujung utara Australia.

Varietas mangga yang lebih terkenal seperti Kensington Pride dan R2E2 biasanya mulai dipanen sekitar bulan September di wilayah Darwin.

Keluarga Huynh telah memanen sejumlah kecil mangga madu di perkebunan Berry Springs mereka sejak bulan Mei.

Nhut Huynh mengatakan, mangga madu tahun ini matang lebih awal dari biasanya.

"Awalnya, kami punya banyak mangga yang matang tapi karena kakatua mulai masuk, kami harus memanennya pagi-pagi sekali," ujarnya.

"Kami mendapat banyak mangga yang warnanya bagus, tak banyak getah yang menempel.”

Ia menjelaskan, "Satu-satunya masalah yang kami hadapi saat ini adalah karena beberapa waktu lalu kami mengalami banyak hujan yang menodai mangga dan menurunkan kualitasnya."

Mangga varietas Kensington Pride kemungkinan mulai dipanen bulan Agustus.
Mangga varietas Kensington Pride kemungkinan mulai dipanen bulan Agustus.

ABC Rural: Daniel Fitzgerald

Mangga berbentuk air mata ini dijual ke pasar Asia di Sydney dan Melbourne.

Huynh mengatakan bahwa mangga madu tak banyak dikenal di luar pasar Asia namun seharusnya lebih populer karena pematangan awal mereka.

"Jika lebih banyak orang tahu tentang [mangga madu] ini ... saya pikir orang menyukai sesuatu yang manis dan orang akan mencarinya," tutur Huynh.

"Itu hanya perlu diketahui dan dipromosikan,” imbuhnya.

"Varietas ini matang begitu cepat dibandingkan dengan Kensington Prides, saya pikir jika mereka lebih dikenal, kami akan memiliki pasar yang jauh lebih besar."

Manga Kensington Pride direncanakan panen lebih awal

Sebagian besar dari 5.000 pohon manga Kensington Pride milik keluarga Huynh telah menghasilkan buah dan terlihat siap untuk dipanen pada awal Agustus.

"Kami mendapat beberapa mangga besar, ada beberapa yang sama besarnya dengan kepalan tangan saya, jadi saya sangat senang dengan hal itu," kata Huynh.

"Mudah-mudahan sekitar enam minggu kami akan mulai memanen."

Panen awal juga diperkirakan terjadi di Katherine, Wilayah Utara Australia (NT), dengan prediksi panen pertama berlangsung di awal bulan September.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 14:50 WIB 04/07/2017 oleh Nurina Asri Savitri.