ABC

Paling Banyak Gelandangan di Australia Utara Akses Layanan Negara

Data terbaru menunjukkan sekitar 8 ribu gelandangan di Northern Territori (NT) Australia mengakses layanan negara dalam setahun terakhir. Angka ini tiga kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional, dan naik 4 persen di wilayah beribukota Darwin tersebut.

Laporan Australian Institute of Health and Welfare (AIHW) mengungkap 1 dari 30 warga NT menerima bantuan layanan gelandangan pada 2015/16. Angka ini jauh di atas rata-rata nasional yaitu 1 dari 85 orang.

Lebih dari separuh kelompok masyarakat tersebut meminta bantuan di wilayah pedalaman dan terpencil di NT. Menurut AIHW hal ini menunjukkan ada kebutuhan layanan di luar wilayah perkotaan.

Juru bicara AIHW Anna Ritson mengatakan angka gelandangan di kalangan pribumi juga berbeda tajam dibandingkan wilayah lainnya di Australia.

"Hampir 80mpersen klien yang meminta bantuan di Northern Territory merupakan penduduk pribumi. Saya pikir ini tantangan tersendiri. Itu jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional, yang sekitar 25 persen," ujar Ritson.

"58 persen di antaranya tinggal di wilayah sangat terpencil sehingga saya kira ini merupakan tantangan tersendiri dalam penyediaan layanan di NT," jelasnya.

Ritson mengatakan mayoritas klien merupakan kaum wanita, dan 40 persen dari klien yang meminta bantuan mengalami KDRT. Angka rata-rata nasional adalah 38 persen.

Dia menambahkan, data ini mengindikasikan pertambahan warga yang menerima pelayanan gelandangan dan bukan berarti jumlah gelandangan mengalami kenaikan.

"Yang kita dapati adalah pertumbuhan tetap jumlah klien di Northern Territory, dan itu bisa berarti beberapa hal, misalnya berarti orang menerima layanan yang mereka perlukan," jelasnya.

"Northern Territory hanya mencerminkan 3 persen dari total klien secara nasional. Namun jelas adanya perbedaan besar rata-rata atau tipe klien di Australia jika dibandingkan dengan di NT," tambahnya.

Diterbitkan Pukul 13:00 AEST 15 Desember 2016 oleh Farid M Ibrahim.