ABC

Pajak Backpacker di Australia Disetujui 15 Persen

sulan kontroversial pajak backpacker dari pemerintah Australia lolos dalam pemungutan suara di Senat hari Kamis (2/12/2016) dengan Partai Hijau mendukung usulan pajak 15 persen yang akan dikenakan kepada backpacker yang bekerja sambil berlibur.

Senat menyetujui usulan tersebut, dengan 43 suara mendukung dan 19 menentang, sekaligus mengakhiri masa 18 bulan pembicaraan mengenai hal tersebut.

Sebagai bayaran bagi dukungan Partai Hijau, pemerintah setuju menggugurkan rencana mengenakan 95 persen pajak terhadap superannuation (dana pensiun) backpacker.

Sekarang pajak disetujui menjadi 65 persen.

Pemerintah juga setuju memberikan dana tambahan $ 100 juta bagi pendanaan Landcare dalam perundingan di saat-saat akhir sebelum RUU diajukan.

Pihak oposisi, partai Buruh mengecam kesepakatan itu sebagai hal yang 'arogan".

Sebelum pemungutan suara di Senat, Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan terobosan yang dicapai di menit-menit akhir itu merupakan bukti bahwa pemerintah menetapi janji.

"Apa yang sudah dilakukan adalah memberikan keamanan dan keyakinan kepada para petani dan banyak industri lain di seluruh Australia." katanya.

"Saya ingin mengucapkan selama kepada (pemimpin Partai Hijau) Richard Di Natale dan partainya atas dukungan mereka, dan dukungan yang terus berlanjut dari Senator Pauline Hanson dari One Nation, dan tentu saja tim Nick Xenophon. "

Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce dan Bendahara Utama Scott Morrison juga mengucapkan terima kasih kepada Partai Hijau.

"Kami mendapat dukungan Partai Hijau guna memastikan bahwa buah cherry akan dipanen di Young." kata Joyce.

Senator Richard Di Natale dari Partai Hijau mengatakan bahwa lolosnya RUU ini merupakan 'kemenangan akal sehat bagi para petani" dan juga lingkungan.

"Kami tidak setuju dengan pemerintah dalam banyak hal, namunn pada akhirnya tanggung jawab kami adalah pada masyarakat yang kami layani." kata Di Natale.

"Yang kita hadapi adalah kemungkinan regional Australia mengalami masalah buruk, dan inilah yang tidak kita inginkan terjadi."

Menteri Keuangan Bayangan Chris Bowen dari Partai Buruh mengatakan pemerintah sudah membentuk 'koalisi tidak berkehendak' dengan Partai Hijau dan menuduh Scott Morrison bertindak 'arogan dan tidak kompeten'.

Penurunan pajak superannuation adalah kemenangan bagi petani

Penurunan pajak terhadap superannuation bagi backpacker adalah tindakan yang penting.

Rencana pemerintah sebelumnya untuk mengenakan pajak 95 pajak terhadap superannuation yang didapat backpacker diusulkan oleh pemerintah tanpa konsultasi sebelumnya ketika diumumkan bulan September lalu.

Banyak petani yang terkejut dan kecewa dengan keputusan tersebut, karena mereka mengkhawatirkan pajak tinggi yang dikenakan akan menyebabkan turis asing tidak mau berkunjung dan bekerja di Australia.

Para petani di Australia telah menyerukan kepada parlemen untuk mendukung pajak 15 persen minggu ini, guna menghindari penerapan pajak 32,5 persen yang akan diterapkan di awal tahun 2017.

Presiden Federasi Petani Nasional Fiona Simson menyambut baik kesepakatan dengan partai Hijau, dan mengatakan petani sudah lama menyerukan kepada parlemen untuk memberikan kepastian.

"Sangat menyenangkan bahwa paket ini sekarang sudah disetujui." katanya.

Diterjemahkan pukul 11:35 AEST 2/12/2016 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini