ABC

Paduan Suara Untuk ABG Remaja Yang Berubah Suaranya

Banyak anak remaja laki-laki meninggalkan kesukaannya bernyanyi ketika memasuki usia pubertas, lantaran suara mereka berubah. Di Kota Canberra sebuah kelompok paduan suara hadir khusus untuk mewadahi remaja pria yang menghadapi masalah ini.

Oliver Campbell telah jatuh cinta pada dunia tarik suara sejak kecil.

Namun siswa berusia 14 tahun di Kota Canberra, ACT itu baru bergabung dengan paduan suara awal tahun ini ketika ia menemukan sebuah kelompok paduan suara yang dikhususkan bagi remaja laki-laki.

"Ini lingkungan yang nyaman untuk bernyanyi dan bersenang-senang dengan anak laki-laki yang lain dengan perubahan suara [yang terjadi pada kami]," katanya.

"Biasanya kami pikir kami tidak bisa bernyanyi karena akan ada ejekan mengenai suara kami karena suara kami sangat berbeda sekali.”

"Tapi di sini tidak ada ejekan; ini ruang yang tidak menghakimi dan ini tempat yang aman untuk bernyanyi."

Woden Valley Youth Choir (WVYC) memulai ensemble Centauri Voices untuk menawarkan kesempatan bagi para remaja putera yang suaranya berubah-ubah [karena pubertas] untuk bernyanyi bersama.

"Seseorang mungkin mengalami pecah suara tetapi kami tidak menertawakan mereka karena kami tahu itu bisa terjadi pada kita semua," kata Oliver.

"Kami tahu bagaimana rasanya karena kami semua melaluinya pada saat yang sama.

"Kami tahu betapa sulitnya ketika orang menghakimi Anda untuk perubahan suara itu – dan itu benar-benar merendahkan."

Oliver Campbell anggota paduan suara anak laki-laki remaja di Canberra
Oliver Campbell merasa nyaman bernyanyi di ensemble Centauri Voices.

Radio ABC Canberra: Penny Travers

Isaac Said telah bernyanyi dalam paduan suara ini selama sekitar enam tahun dan bergabung dengan Centauri Voices ketika dia pindah ke Canberra dari Sydney untuk kuliah bulan lalu.

Remaja berusia 18 tahun itu mengatakan, anak laki-laki remaja sering menghindari kegiatan bernyanyi ketika mereka mencapai masa pubertas.

"Alasan terbesar yang menyurutkan niatan mereka untuk bernyanyi adalah karena bernyanyi dalam sebuah pengaturan seni musik atau pengaturan klasik tidak dilihat sebagai sesuatu yang harus dipilih dan Anda dijauhi karena itu," katanya. 

Menemukan suara mereka

Setiap orang dilahirkan dengan suara treble yang berubah selama masa pubertas.

Bagi seorang pria muda, perubahan ini bisa sangat terlihat dengan suara yang menurun saat pita suara menebal.

Anggota paduan suara anak remaja bernyanyi di Canberra
Centauri Voices bertemu setiap Selasa malam dan mencari lebih banyak anggota.

Radio ABC Canberra: Penny Travers

"Ini adalah masa transisi dan mereka perlu melewati beberapa tahun untuk akhirnya menemukan suara mereka," kata Direktur Artistik WVYC Kimberley Steele.

"Banyak anak laki-laki yang suka bernyanyi seiring suara trebles menjadi sangat mengutamakan suara treble dan pada saat suaranya berubah mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan, sehingga mereka hanya berhenti bernyanyi dan tidak belajar bagaimana menggunakan suara dewasa mereka.”

"Jadi kita harus membuat mereka terus bernyanyi dengan cara yang aman."

Kimberley Steele mengatakan Canberra tidak memiliki paduan suara khusus untuk remaja laki-laki selama beberapa tahun.

"Banyak paduan suara hanya paduan suara treble yang berarti ketika suara mereka pecah mereka benar-benar harus meninggalkan paduan suara," katanya.

"Atau mereka dalam situasi di mana hanya ada beberapa anak laki-laki dan lebih banyak suara treble dan mereka harus bersaing.

"Jadi kami ingin membuat sesuatu yang khusus hanya untuk mereka, di mana mereka memiliki ruang yang aman ini untuk bernyanyi bersama."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.