ABC

Outback Spirit Lestarikan Pangan Asli Australia

Karena begitu banyaknya tanaman pangan yang dibawa kaum pendatang Eropa ke Australia, tanaman pangan asli yang biasa dikonsumsi kaum bumiputera sering kali terlupakan. Salah satu yang berusaha melestarikan dan menjual tanaman-tanaman asli tersebut adalah keluarga Robins, dari Melbourne.

Keluarga Robins mulai menjalankan usaha toko makanan dan katering bahan pangan asli Australia, yang sering dikenal sebagai 'bush foods' tahun 1986.

Kini, usaha mereka mempekerjakan ratusan warga bumiputera Australia.

Merek produk mereka, yang berupa saus dan acar, adalah 'Outback Spirit.' Produk-produknya banyak dijual di supermarket-supermarket besar.

Produk 'Outback Spirit' penting dalam skema Indigenous Food Fund (Dana Makanan Bumiputera) perusahaan supermarket Coles.

Menurut Juleigh Robins, ide usaha bahan makanan khas bumiputera muncul saat ia sedang membuat selai raspberry.

Kepada rekan bisnisnya, Robins kerap mengatakan, "Saya baru sadar, seluruh buah yang kita pakai datang dari tempat lain. Apa yang kita punya yang asli Australia?"

Ia pun mulai mencari tahu dan membangun usaha dengan masyarakat. Tiga puluh tahun berlalu dan ribuan kilometer persegi pun dijelajahinya.

Kini, perusahaannya, Robins Foods, bekerja dengan lima produsen makanan bumiputera di daerah Alice Springs dan Top End, Wilayah Utara Australia, serta Broome di Australia Barat.

Produk-produk mereka menggunakan tanaman pangan 'bush food' unik, seperti bush tomato, sejenis tomat liar, dan Kakadu plum.

Baik Coles maupun Robins Foods menyumbangkan 5 sen dari tiap produk yang dijual untuk mengembangkan dan memperkuat rantai persediaan dengan produsen bumiputera lainnya. 

Menurut Juleigh Robins, ini butuh kerja keras. "Orang Aborigin secara budaya bukanlah petani. Anda berusaha memasukkan tanaman-tanaman ini ke dalam sebuah basis pertanian," katanya.

"Lalu kita berusaha memahami cara tumbuhnya dan bagaimana agar kita bisa mendapat panen yang konsisten. Juga, kelompok-kelompok mana yang bisa diajak kerjasama, yang berkomitmen dan berminat melakukan ini?" tambah Robins.

Kini, ada perusahaan lain yang bergabung dengan Dana Makanan Bumiputera, yaitu perusahaan air dari mata air di daerah Tweed Heads di New South Wales.

Ikuti Kompetisi Belajar Bahasa Inggris di Australia gratis - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus