ABC

Origami Tren Media Relaksasi 2016

Toko buku saat ini dipenuhi dengan buku mewarnai untuk orang dewasa yang mencari cara sederhana untuk bersantai. Akankah origami bisa menjadi tren kegemaran berikutnya yang menawarkan ketenangan bagi warga Australia yang mengalami stress?

Matthew Gardiner adalah seorang ahli origami dan seniman yang telah melipat kertas sejak ia berusia delapan tahun.
 
Dia mengatakan bahwa origami sekarang sedang dipromosikan sebagai terapi relaksasi.
 
"Salah satu hal yang membuat origami begitu santai adalah bahwa ketika Anda melakukannya ada kedisiplinan untuk mengerjakannya -  misal antar sudut kertas harus sesuai dan tepi terlipat rapi," katanya.
 
"Mengerjakan lipatan dengan cara yang tepat merupakan cara untuk menciptakan bentuk tertentu dan melakukannya secara sistematis dan tenang adalah salah satu hal yang benar-benar efektif untuk relaksasi. "
 
Origami memiliki manfaat tambahan yakni dapat menghasilkan objek yang bisa dijadikan hadiah yang bagus.
 
"Setiap kali Anda melakukannya, Anda selalu memiliki sesuatu yang dapat Anda berikan kepada teman," kata Gardiner.
 
"Beberapa origami favorit saya adalah hal yang sangat praktis.
 
"Salah satu guru saya di Jepang mendapat hadiah sebotol anggur yang dibungkus dengan origami berbentuk burung bangau,”
 
"Menghidupkan selembar kertas menjadi sesuatu yang membuat hadiah merupakan inti dari origami."
 
Praktek membuat origami yang dilakukan telah membuatnya sebagai pakar dalam membungkus kertas, yang menurutnya kerap membuat teman-temannya menuntut bungkus kado yang unik ketika dia memberi hadiah.
 
Origami berasal dari Jepang dan katanya sendiri berasal dari ori, yang berarti melipat dan gami yang berarti kertas. Jadi origami secara harfiah bermakna melipat kertas.
 
"Saya pertama kali belajar origami di sekolah dasar ketika saya berusia 8 tahun dan kemudian saya belajar banyak dari buku,”katanya.
 
Gardiner sekarang menulis buku sendiri dan menciptkan proyek seni origami berskala besar, termasuk sebuah proyek di Melbourne dimana dia memandu ratusan relawan membangun rumah dari origami.
 
"Tidak pernah saya membuat proyek semudah ini,” katanya.
 
"Saya dan relawan berhasil membuat rumah dari origami terbesar di dunia yang seluruhnya terbuat dari 1 kilometer kertas,”
 
Gardiner memulai disiplin baru, oribotics, yakni kombinasi antara origami dan robotik — yang pada dasarnya menciptkan origami yang bisa bergerak.
 
Dia mengatakan origami merupakan hobi yang sangat sosial.
 
"Hal yang hebat tentang origami di seluruh dunia adalah bahwa Anda menemukan bahwa orang-orang yang melakukannya sangat ramah,  hangat, terbuka dan mereka suka berbagi apa yang mereka ketahui," katanya.