ABC

Organisasi ICAN Raih Nobel Perdamaian 2017

Organisasi International Campaign to Abolish Nuclear Weapons (ICAN), yang dimulai di Melbourne satu dekade lalu, berhasil mendapatkan Hadiah Nobel untuk Perdamaian tahun 2017.

Kelompok ini bertujuan untuk menghapuskan senjata nuklir dan menyoroti "konsekuensi bencara kemanusiaan" dari penggunaan senjata nuklir.

ICAN menyebut dirinya sebagai koalisi kelompok akar rumput swadaya masyarakat di lebih dari 100 negara.

Kelompok ini berasal dari Australia dan kemudian diluncurkan secara internasional di Wina pada tahun 2007.

ICAN yang kini berbasis di Jenewa "telah menjadi kekuatan pendorong bagi negara-negara di dunia untuk siap bekerja sama ... dalam upaya menstigmatisasi, melarang dan melenyapkan senjata nuklir," demikian dikatakan ketua Komite Nobel Berit Reiss-Andersen dalam pengumuman tersebut.

Dia menyatakan bahwa larangan serupa telah dicapai dalam kaitan dengan senjata kimia dan biologi, ranjau darat dan peluru cluster, namun meski senjata nuklir yang "bahkan lebih merusak" justru terhindar dari pelarangan internasional.

"Kami mencoba mengirimkan pesan sangat kuat ke semua negara pemilik senjata nuklir, negara-negara yang dipersenjatai nuklir - Korea Utara, AS, Rusia, China, Prancis, Inggris, Israel, semuanya, India, Pakistan - tidak dapat dibenarkan untuk mengancam bunuh warga sipil," katanya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.