ABC

Orang Utan Kluet di Adelaide Keluarkan Musik Jazz

Guna memperingati Hari Orang Utan Dunia tanggal 19 Agustus, Kebun Binatang Adelaide (Australia Selatan) telah merilis sebuah lagu bernada jazz sepanjang 35 detik yang dibuat oleh orang utan Sumatera di kebun binatang tersebut, Kluet.

Produser musik orang utan tersebut adalah Pij Olijnyk yang juga adalah pengasuh binatang menggambarkan musik yang diberi nama "Give me a Klue" itu yang dibuat menggunakan app untuk membuat musik. Nada dari musik ciptaan Kluet ini digambarkan sebagai musik jazz modern.

Nama "Give me a Klue" juga merupakan permainan kata-kata dalam bahasa Inggris dimana ada istilah dalam bahasa Inggris yaitu Give me a Clue yang artinya berikan satu petunjuk, bila seseorang diberi pertanyaan yang sulit dijawab.

Give me a Klue sekarang menjadi kependekan dari Kluet.

"Ada beberapa nada dari beberapa lagu jazz klasik di dalamnya." kata Olijnyk.

SoundCloud: Listen to Kluet

"Saya bisa mendengar adanya tema Pink Panther, dan juga ada nada dari lagu The Way You Look Tonight."

Orang utan memliki tingkat kecerdasan yang tinggi, dan memiliki DNA 97 persen kesamaan dengan manusia.

"Dia hebat, dan orang utan pada umumnya adalah binatang paling jenius di dunia kebinatangan."

"Khususnya Kluet dia suka bercanda, rasa ingin tahunya tinggi, dan suka mencoba hal-hal baru."

Nada yang dibuat oleh Kluet yang berusia 20 tahun ini akan dijual di situs Zoos SA, dimana anda bisa membayar untuk nada tersebut yang akan digunakan guna mendukung tiga orang utan asal Sumatera di Kebun Binatang Adelaide.

"Kami hanya ingin mengembangkan kesadaran lebih besar mengenai orang utan di Hari Orang Utan Sedunia." kata Olijnyk.

"Ini adalah kesempatan tidak saja untuk merayakan orang utan, namun juga meningkatkan kesadaran mengenai keberadaan orang utan liar, karena mereka mengalami banyak masalah."

"Orang utan Sumatera seperti Kluet saat ini dalam keadaan kritis, hanya ada sekitar 4000 sampai 70000 di alam lair, dan kita mungkin kehilangan sekitar 1000 setiap tahun karenanya musnahnya habitat mereka."

Kebun Binatang Adelaide bekerja sama dengan lembaga Wildlife Asia untuk mendukung perlindungan habitat dan usaha penyelamatan orang utan Sumatera.

Diterjemahkan pukul 11:28 AEST 19/8/2016 oleh Sastra Wijaya.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini