ABC

Northern Territory berhasil budidaya tiram raksasa

Fasilitas budidaya perikanan di Nhulunbuy, daerah pelosok  di Negara Bagian Kawasan Utara (Northen Territory -NT)  berhasil mengembangbiakan generasi baru tiram raksasa.

Barbara Koennecke, mantan peraih penghargaan Tokoh Wanita Tahun Ini di sektor pertanian Negara Bagian NT, menggunakan uang hadiah yang diterimanya dari penghargaan itu untuk meneliti pengembangbiakan dan pemasaran tiram raksasa.

Veteran di industri perikanan ini mengatakan ini merupakan pencapaian yang luar biasa, karena ia berhasil mengembangbiakan tiram raksasa di Nhulunbuy.

"Pengembangbiakan tiram raksasa ini dilakukan menggunakan sistem kolam sirkulasi dan menjadi yang pertama di NT," katanya.

"Kementrian Industri Primer dan Perikanan membantu kami mempelajari sistem ini di fasilitas milik  mereka di Darwin, dan kami kemudian mengadopsi metode itu di laboratorium milik kami sendiri di Nhulunbuy yang ternyata berhasil."

Koennecke mengatakan pemijahan atau pengembangbiakan telur tiram raksasa itu sudah berhasil dilakukan, tahap selanjutnya adalah menjaga agar larva yang ditetaskan bisa tumbuh dan berkembang menjadi tiram.

"Pekan-pekan pertama ini sedikit repot dan memakan waktu yang cukup lama,” katanya.

"Kami perlu memastikan suhu didalam kolam tepat, dan juga memastikan  tiram itu mendapat pasokan makanan - algae yang cukup, pencahyaan yang cukup dan memastikan suhunya selalu terjaga tidak turun terlalu drastis.. setelah itu kita hanya tunggu alam memelihara mereka.”

Tiram-tiram raksasa yang diproduksi di fasilitas budidaya ikan Arafura itu kebanyakan didesain untuk pengembangbiakan ikan-ikan akuarium yang menguntungkan untuk diperdagangkan.

Namun tiram yang belum layak akan dikembalikan kealam.

"Tiram raksasa yang memiliki warna kurang bagus untuk diperdagangkan di perdagangan akuarium, akan dikembalikan ke laut setelah mendapat ijin dari pemilik tradisional dimana mereka ingin tiram raksasa  itu ditempatkan,” katanya.

"Tiram raksasa adalah spesies yang dilindungi, karena itu keberhasilan membudidayakan mereka merupakan kabar gembira. Karena itu berarti masyarakat bisa  menikmati  mahluk cantik ini di kolam akuarium di rumah mereka dan kita juga bisa bekerja dengan para pakar dan masyarakat pribumi untuk melestarikan keberadaan mereka."

Koennecke juga mengatakan butuh waktu antara 12 hingga 18 bulan untuk memelihara tiram raksasa sampai mencapai ukuran yang cocok untuk pasarkan.