ABC

Nonton Tenis Saat Kebakaran, Politisi di Melbourne Dikecam

Hugh Delahunty, seorang menteri dalam Pemerintahan Negara Bagian Victoria, Australia, menuai kecaman dikritik karena lebih memilih nonton Turnamen Tenis Australian Open di Melbourne pada waktu terjadi kebakaran hutan yang hebat pekan lalu di daerah pemilihannya (dapil) Grampians.

Delahunty adalah anggota parlemen yang daerah pemilihannya mencakup Grampians, dimana kebakaran hutan memusnahkan hingga 35 rumah dan menewaskan ribuan ternak.

Jurubicara Oposisi bidang Layanan Keamanan Darurat, Wade Noonan, mengatakan, Delahunty - yang juga menjabat Menteri Olahraga - seharusnya berada di dapilnya yang sedang dilanda bencana.

"Kita mengalami cuaca panas yang ekstrim, sejumlah kebakaran yang tak terkendalikan, yang terburuk berada di komunitasnya," katanya. "Jadi duduk di Melbourne Park nonton tennis kelihatannya aneh."

Sebelumnya, Menteri Layanan Keadaan Darurat Victoria, Kim Wells, menolak seruan agar mengundurkan diri karena lebih memilih nonton tennis, bukannya memonitor musibah kebakaran hutan.