ABC

Nick Kyrgios Dikalahkan Petenis Dimitrov

Petenis Bulgaria, Grigor Dimitrov berhasil bermain dengan tenang untuk menyingkirkan petenis favorit tuan rumah, Nick Kyrgios dalam pertandingan sengit di babak ke-4 ajang Australia Open 2018 di Rod Laver Arena, Melbourne, Minggu (21/1/2018) malam.

Unggulan ketiga Grigor Dimitrov berhasil menghentikan langkah Kyrgios dengan angka 7-6 (7-3), 7-6 (7-4), 4-6, 7-6 (7-4).

Sementara penantian panjang Australia untuk gelar juara petenis pria asal negaranya menjadi semakin panjang menjadi 43 tahun, Dimitrov akan memasuki babak perempat final melawan petenis Inggris, Kyle Edmund yang tidak diunggulkan yang dengan penuh keyakinan bahwa gelar grand slam pertamanya bisa diraih.

Petenis berusia 26 tahun itu menunjukkan ketahanan dan keberanian yang besar untuk menaklukkan perjuangan balik dari Kyrgios yang garang, dan akhirnya sukses mengklaim kemenangan setelah bertanding selama tiga jam dan 26 menit dengan umpan forehand yang keras.

Saat kedua petarung ini berpelukan, Kyrgios menyemangati Dimitrov dengan kata "percaya", sebelum petenis Australia berusia 22 tahun yang kalah itu berlalu ke luar lapangan diiringi tepuk tangan meriah penonton. Setahun yang lalu ia melangkah keluar lapangan dengan cemoohan setelah masalah di putaran kedua.

Dalam pertandingan sengit yang menentukan ini, Nick Kyrgios berjuang keras sampai akhir laga, ia berusaha keras mengembalikan bola dari servis yang dilayangkan Dimitrov saat kedudukan 5-3 di set ke-4 . Namun Dimitrov mantap membukukan tempat di perempat final pada tie-break ketiga dalam pertandingan Minggu malam (21/1/2018) saat dia melepaskan forehand kemenangannya yang gemilang.

"Dia berjuang dengan sangat keras dan ini adalah salah satu pertandingan yang istimewa dan anda harus memanfaatkan setiap kesempatan yang Anda miliki.

"Bahkan ketika saya melayangkan servis untuk pertandingan ini, saya tetap merasa bahwa itu masih belum berakhir, saya masih belum menemukan tempat saya dengan baik dan sekali lagi dia bermain dengan sangat baik, tapi saya senang bisa melewati pertandingan itu."

Bermain tenang dan dewasa

Nick Kyrgios
Nick Kyrgios tidak senang dengan tali raketnya sepanjang pertandingan namun tetap mampu menampilkan pertandingan tenis yang memukau.

AP: Andy Brownbill

Penempatan bola oleh Dimitrov yang kurang tepat memaksanya untuk berjuang keras mengejar bola kesana kemari untuk bisa bertahan ke babak keempat, namun ia berhasil tampil dengan tenang sepanjang laga melawan Kyrgios.

Dimitrov suskes menunjukan sikap permainan yang dewasa meski berada di bawah tekanan dari pemain asal Canberra yang berapi-api.

Sementara itu Nick Kyrgios meski jelas terlihat beberapa kali kesal dengan masalah pada tali raketnya - dia menumpahkan kekesalannya di kotak gantinya saat istirahat di dua set pembukaan – Kyrgios pada umumnya terlihat mampu mengendalikan emosinya di lapangan.

Meskipun sukses melayangkan 13 pukulan ace dan sama sekali tidak tampak terganggu saat bertanding, Kyrgios kalah pada pembukaan set yang sebagian besar disebabkan oleh kesalahan ganda pertamanya pada pertandingan sengit yang menentukan ini.

Kyrgios menunduk usai kalah untuk pertama kalinya di game ketujuh set kedua setelah tertinggal angka 4-3.

Tapi Kyrgios berhasil mematahkan servis Dimitrov yang semakin frustrasi di game kelima set ketiga.

Pemain asal Bulgaria itu menguasai pertandingan ini saat  berhasil meraih angka 5-4 di babak  keempat, namun Kyrgios berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa tiebreaker yang mendebarkan.

Pertarungan yang sangat ketat ini berakhir dengan Dimitrov yang memenangkan 157 poin atas Kyrgios yang ketinggalan satu angka saja - 156.

Dimitrov akan menghadapi petenis yang tidak diunggulkan namun secara mengejutkan melaju ke babak  perempat final, Kyle Edmund, setelah petenis Inggris itu mengalahkan petenis Italia,  Andreas Seppi dalam empat set.

Reuters / AAP

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.