ABC

Movember: Mengumpulkan Dana Dengan Memanjangkan Kumis

Bagi Dr Sanjeev Bandi ini adalah tahun kedua dia memanjangkan kumisnya untuk mengumpulkan dana sepanjang bulan November. Selama bulan November ini ada kegiatan yang disebut Movember singkatan dari Moustache and November, dimana banyak pria memanjangkan kumis mereka untuk mengumpulkan dana.

Sejauh ini, Dr Sanjeev Bandi yang tinggal di sebuah kota kecil di Queensland, Mackay sejauh ini sudah mengumpulkan daan $ 39 ribu (sekitar Rp 390 juta) yang akan disumbangkan.

Selama bulan November, pria di seluruh dunia memanjangkan kumis mereka guna mengumpulkan dana amal dan sekaligus meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan seperti kanker prostat, kanker testis, dan tingkat bunuh diri di kalangan pria.

Tinggal di Mackay, sekitar 970 km dari ibukota Queensland, Dr Bandi optimistis akan bisa mengumpulkan dana paling tinggi di Australia untuk tahun kedua berturut-turut selama Movember.

"Tahun lalu saya mengumpulkan dana paling tinggi di Australia dan nomor 12 terbanyak di seluruh dunia, jumlah yang sangat besar dari sebuah kota pertambangan dan pertanian yang hampir mati." katanya.

"Tahun ini saya sekarang berada di urutan keempat di dunia, dan yang tertinggi di Australia untuk perorangan."

Dia terkejut menerima begitu banyak dukungan dari masyarakat setempat, karena saat ini sebenarnya kota tersebut sedang mengalami krisis karena melemahnya industri pertambangan. Apalagi sekarang ini begitu dekat dengan Natal.

"Ini menunjukkan begitu hebatnya kota ini," katanya.

Dr Bandi sudah tinggal di Mackay selama 18 tahun terakhir, bekerja sebagai dokter spesialis di bidang urologi (hal-hal berkenaan dengan reproduksi laki-laki).

Rata-rata dia bekerja selama 125 jam per minggu untuk membantu komunita setempat.

Sebagai balasannya, warga Mackay mengulurkan tangan membantu usahanya mengumpulkan dana selama Movember dan sejak tahun 2008 Dr Bandi sudah mengumpulkan dana $ 221,257 (sekitar Rp 22 miliar).

Menggunakan halaman 'Mo Space' , Dr Bandi juga menulis blog mengenai masalah-masalah kesehatan untuk pria.

"Bagi saya, fokusnya adalah untuk membuat masalah kesehatan untuk pria menjadi perhatian, dan Movember adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesadaran tersebut."

Semua berkenaan bagaimana merawat kumis

Dalam kegiatannya tahun ini Dr Bandi melakukannya untuk mengenang Max Walker, bintang kriket Australia yang terkenal yang pernah dikenal Dr Bandi selama 22 tahun.

Dr Sanjeev Bandi takes his mo-growing very seriously each Movember.
Dr Sanjeev Bandi sudah mengumpulkan dana untuk Movember sejak tahun 2008.

ABC: Daniel Battley

"Saya selalu memanjangkan kumis saya (mo(ustache), sebagai pria (Men), juga M untuk Movember, dan untuk Mackay, dan juga untuk kesehatan pria (men's health)." kata Bandi.

"Tahun ini saya mendedikasikannya dan memanjangkan kumis saya seperti kumis Max Walker, dan memanjangkannya sampai ke bawah mulut, dan kemudian tampak seperti kata M atau W.

Dr Bandi belajar kedokteran di Chennai (India) 30 tahun lalu dan tamat dari Fakultas Kedokteran Madras di tahun 1985 untuk menjadi dokter pertama di dalam keluarganya.

"Saya selalu tertarik dengan begitu banyaknya hal yang bisa terjadi dalam tubuh manusia." kata Dr Bandi.

Keadaan sekarang sudah berubah sejak dia pertama kalinya menjadi dokter, dan Dr Bandi sedang mengembangkan simulasi virtual, modul eLearning dan app untuk membantu pasien mengenali kesehatan mereka dan bagaimana mengatasi masalah yang mereka hadapi.

"Saya selalu berusaha menjelaskan berbagai hal kepada pasien saya, dan saya mulai mengembangkan app guna membantu pasien lebih mengetahui keadaan." kata Dr Bandi.