ABC

Modelnya Terlalu Kurus, Perancang Busana Ini Minta Maaf

Perancang busana Australia Alex Perry meminta maaf karena menggunakan jasa seorang model yang amat kurus untuk memperagakan busananya dalam Pekan Fashion Australia baru-baru ini. 

Ia mengaku salah mengambil keputusan saat menggunakan jasa model bernama Cassi Van Der Dungen, yang berusia 21 tahun.

Kurusnya model tersebut dikritik secara publik oleh seorang editor majalah, Jackie Frank, yang mengaku khawatir terhadap kesehatan sang model.

"Saya melihat rekaman itu dan saya kaget," ucap Perry dalam sebuah acara saluran televisi Channel Nine, "Itu bukan gambaran yang bagus untuk dikedepankan. Jelas, itu bukan yang mewakili brand saya."

Jackie Frank mengatakan bahwa Ia tak ingin bentuk tubuh macam itu menjadi gambaran industri fashion.

Permintaan maaf Perry akan membantu mengubah sikap dalam industri fashion terkait citra tubuh, ucap Frank.

"Kita tak akan menampilkan perempuan dengan ukuran tubuh normal di catwalk; itu tak akan terjadi; kita tak akan berhenti melakukan retouch gambar. Itu semua masalah lain," katanya.

"Tapi sekarang ada dialog terbuka - kita [majalah Marie-Claire] adalah majalah fashion nomor satu Australia dan Alex Perry adalah desainer yang sangat dominan di industri. Saya rasa kita mulai menyanyi dengan nada yang sama," tambah Perry.

Pakar gangguan makan berpendapat bahwa industri fashion tampak tak mengindahkan perturan tentang citra tubuh, yang diciptakan oleh pemerintah pada tahun 2009.

Saat itu, Dewan Penasehat Nasional bidang Citra Tubuh menulis peraturan sukarela untuk industri fashion, media dan iklan. Salah satu prinsipnya adalah model yang digunakan jasanya haruslah tampak memiliki berat badan yang sehat.

Namun, ketua Butterfly Foundation for Eating Disorders, Christine Morgan, mengatakan bahwa industri fashion masih bertindak sebaliknya.

"Yang kita lihat sekarang tidak hanya ketidakpatuhan terhadap peraturan tersebut, tapi bahkan penggunaan model yang tampak memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang amat tak sehat."

Menurut Morgan, perusahaan Konsultan Deloitte memperkirakan bahwa pada tahun 2012 lebih dari 913.000 warga Australia menderita gangguan pola makan, seperti anorexia nervosa (diet berlebihan) and bulimia (sengaja memuntahkan makanan).

Van Der Dungen, sang model, membantah tuduhan bahwa Ia menderita gangguan pola makan.