ABC

Model dan Blogger Kebugaran Steph Smith, Sosok Generasi Milenial Sukses

Memiliki perut berotot dan wajah cantik mirip aktris Alicia Silverstone, Steph Smith yang memiliki lebih dari sejuta pengikut di Instagram, punya kehidupan memukau di media sosial. Hal itu tidak dicapai dengan singkat.

Model yang satu ini memiliki pesona orang Australia yang membumi – untuk tidak menyebutkan gadis yang biasa-biasa saja. Kecantikannya tidak perlu susah payah ditampilkan. Tak mengherankan jika saat ini dia dikontrak oleh merek produk perawatan dan penggelap kulit.

Tapi Steph juga menapaki jalur lebih luas, menulis buku resep dan menjadi salah satu dari generasi baru dari "influencer" internet yang menghasilkan uang dari unggahannya di media sosial mengenai café-café dan pakaian yang dia kenakan.

 Blogger dan model Steph Smith
Lebih dari sekedar seorang model, Steph Smith juga telah menjadikan dirinya sebagai sosok 'influencer' di internet. .

ABC News: Jne Cowan

Dan hal ini benar. Sebanyak apa pun Snapchats dan unggahan Instagram yang dia buat dalam satu hari (jumlahnya memang banyak), pengikutnya akan melahapnya. Saat ia duduk di kafe favorit di Hawthorn (periksa unggahnya di medsos untuk melihat yang mana), seorang penggemar dari luar negeri mendekati untuk berfoto. "Anda memiliki banyak pengikut di Afrika Selatan," celotehnya bersemangat.
Gaya hidup generasi milenial seperti ini telah menjadi komoditas. Sebuah komoditas yang menguntungkan. Pada usia 23 tahun, dia baru saja membeli rumah di pinggiran timur Kota Melbourne.

model sekaligus blogger Steph Smith
Sebelum menyantap sarapan pagi dan makan siang (brunch), Step memfoto menunya dan mengunggahnya ke media sosial.

ABC News: Jane Cowan

Rutinitas harian

“Tipikal kehidupan saya sehari-hari sulit digambarkan karena kadang saya berada di negara lain, kadang ada di sini, kadang di Sydney," katanya.

"Tapi umumnya saya akan bangun dan hal pertama yang saya lakukan berolahraga, apakah kelas pilates atau berolahraga bersama. Saya ingin agenda olahraga selesai di pagi hari, jadi jika saya tidak punya waktu kemudian, saya memiliki alasan untuk tak berolahraga," jelas Steph.

"Ini memberiku energi sepanjang hari. Sisa waktu saya di hari itu dihabiskan untuk menyelesaikan apa pun yang harus saya kerjakan akun medsosku. Apakah itu mengambil gambar video YouTube atau mengambil beberapa konten sosial atau hanya sekadar menulis email," jelasnya.
“Lalu saya mungkin akan memiliki agenda pemotretan selama seharian. Anda tahulah hal-hal seperti menata rambut dan make-up, pemotretan. Kemudian saya biasanya makan malam dengan Josh, bercengkerama denganya ketika dia pulang kerja," ujarnya.

"Saya merasa sayangnya generasi kami dilabeli sebagai generasi yang hanya menghendaki sesuatu yang mudah, tidak bekerja keras. Tapi saya pikir itu karena kami beruntung pada masa seperti sekarang dimana begitu banyak kesempatan yang berbeda," ujarnya.

Steph Smith merapikan rambut dan riasan wajahnya.
Duduk di kursi rias sebelum kegiatan pemotretan di Chapel Street di Prahran.

ABC News: Jane Cowan

Yang membuat bahagia

"Musim panas di Australia. Saya senang sekali mengunjungi Murray River. Itu tempat favoritku di seluruh dunia. Kami tumbuh besar berkemah dan 10 tahun lalu kami membeli rumah di sana. Di sanalah saya bertemu Josh. Kami berdua menyukai tinggal di sana, saudara laki-laki saya juga lahir di sana, Murray River merupakan tempat yang membuat saya bahagia," jelasnya.

Steph Smith dengan gaya rambur bun
Rambut pirang Steph diikat dengan model bun untuk kegiatan kencan di hari yang terik.

ABC News: Jane Cowan

Cinta

"Saya ingin menikah. Josh dan saya selalu membicarakan masa depan bersamaa dan hal lainnya. Sekarang kami memiliki rumah bersama. Itu sangat baik. Seperti impian saya yang berhasil terwujud. Saya selalu menjadi gadis yang menyukai anak-anak, ingin cepat-cepat memiliki anak. Sudah pasti dengan karir sebagai model saya tidak dapat melakukannya sekarang. Tapi memiliki anak merupakan hal yang saya inginkan,” ujarnya.

Steph Smith
Berganti pakaian saat pemotretan. Step telah menjadi model selama lebih dari 5 tahun.

ABC News: Jane Cowan

Perilaku

"Ibuku selalu mengatakan ‘selama kamu senang’. Pada dasarnya dia tidak keberatan apa pun jalur karir yang saya dan saudaraku jalani selama kami menikmati apa yang kami lakukan," ucap Steph.

"Kapan saja saya mulai tidak menyukai sesuatu tentang profesi model, saya seperti menepisnya. Saya tidak suka melakukan apa pun yang tidak saya suka mengerjakannya," katanya.

"Saya tidak memperlakukan orang secara berbeda. Apakah seorang pengikut atau follower yang datang menghampiri dan menyapa. Atau sahabat baik saya, anda akan mendapat senyuman dan sapaan. Saya tidak menganggap diri lebih istimewa dan lebih baik," ujarnya lagi.