ABC

Mobile App Baru Guna Menyelamatkan Penyu di Australia

Populasi penyu merosot drastis di Australia tenggara. Rubah-rubah memakan telur penyu dan membunuh penyu betina yang sedang mengeram dengan merenggut kepala mereka.

Para ilmuwan memperkirakan, di sepanjang Murray River populasi penyu telah merosot 90 persen.

Zoologist Ricky Spencer dari University of Western Sydney mengatakan, sebuah app baru akan memungkinkan orang menjadi citizen scientist, dan melaporkan jika mereka melihat penyu. Hasilnya akan merupakan studi penyu sepanjang sungai yang pertama.

"Kami ingin orang-orang mencatat penyu, semua penyu yang mereka lihat di jalan, dimanapun, dan khususnya sarang penyu supaya kita mendapat suatu gambaran yang tidak dapat kita lakukan sendirian," kata Dr Spencer.

Data yang terkumpul akan digunakan untuk mengidentifikasi strategi management yang terbaik.

Pengemudi kereta api dan pemerhati penyu Graham Stockfeld sudah mulai menggunakan app tersebut. Ia telah melaporkan penyu di Gunbower, di jalur kereta api pedalaman dan di Melbourne.

Ada tiga jenis penyu di sepanjang Murray.

Eastern Long Neck adalah jenis yang paling sering terlihat. Jenis ini memakan serangga, termasuk nyamuk, yang jatuh ke air. Eastern Long Neck suka genangan air dan dapat terlihat berjalan, mencari genangan air dan kolam.

Murray short neck disebut pembersih sungai karena mereka membersihkan semua yang mati, termasuk ikan carp dan mereka makan ganggang. Jenis ini jarang keluar dari air, kecuali untuk berjemur diatas batang kayu.

Broadshell adalah penyu air tawar terbesar di Australia. Jenis penyu yang terancam punah ini dapat mencapai panjang satu meter kalau lehernya direntangkan. Mereka hidup di sungai dan makan ikan kecil.

Dr Spencer mengatakan, meskipun nampaknya masih banyak penyu jenis leher pendek, namun populasinya sudah tua - penyu hidup antara 50 dan 100 tahun - dan tidak ada generasi pengganti.

Dikatakannya, lebih dari 500 penampakan telah dilaporkan selama musim dingin, ketika penyu cenderung diam. 'Bayangkan berapa ribu yang akan nampak pada musim panas'.