ABC

Mobil Keliling Tes Cepat HIV Beroperasi Di Queensland

Kendaraan yang menyediakan layanan tes cepat HIV selama 20 menit akan berkeliling ke seluruh Queensland. Programini dilakukan menyikapi peningkatan signifikan jumlah orang yang terinfeksi HIV di kawasan ini.

 

Selama satu dekade terakhir jumlah orang yang terinfeksi HIV di Queensland tercatat meningkat hampir dua kali lipat, dan tahun ini diperkirakan angkanya meningkat 30%.
 
Untuk itu sebuah lembaga HIV mulai bulan depan akan  mengoperasikan dua buah van yang menyediakan layanan tes cepat HIV untuk mengunjungi 27 komunitas di seluruh negara bagian tersebut.

Direktur Yayasan HIV, Tony Majer mengatakan Queensland Utara dan Cairns merupakan kawasan dengan tingkat infeksi tertinggi selain Brisbane.

"Banyak orang berpikir HIV merupakan masalah orang yang tinggal di perkotaan atau hanya terjadi di Brisbane saja,” tuturnya.

"Dengan kehadiran van ini kami hendak menyatakan anggapan itu keliru, dan faktanya kita bahkan memiliki jumlah orang yang  terinfeksi HIV di banyak kawasan pedesaan sehingga karena itulah kita melakukan pendekatan lewan kendaraan yang berkeliling ke seluruh kawasan di Queensland untuk menyampaikan pesan tersebut,” katanya.

Jangan takut tes HIV
 
Atlet peraih medali Olimpiade asal Australia, Ji Wallace is mendorong warga Queensland untuk melakukan tes HIV.
 
Wallace, 37, yang meraih medali emas dalam cabang olahraga senam dpada Olipiade Sydney 2000 terinfeksi HIV ketika menjalin hubungan dengan pasangannya 3 tahun lalu.

Dia mendorong warga Queensland untuk memanfaatkan tes cepat HIV dan gratis yang ditawarkan Yayasan HIV.

"Jika anda terinfeksi HIV, anda akan mendapatkan pengobatan dan akan akan hidup hingga 100 tahun, Anda tidak akan mati dan Anda akan bisa melaluinya,” kata Wallace.

"Terinfeksi HIV tidak mengapa tapi Anda harus bertanggung jawab dan harus menjadi pihak yang aktif dan proaktif,”

Menurut Wallace warga juga tidak perlu takut dengan warga yang terinfeksi HIV.

"Jika Anda mendapati diri anda positif HIV, jangan takut mencari pengobatan,”katanya.

"Berobatlah karena itu akan membantu Anda untuk bisa hidup lebih lama, dan hidup itu indah jadi jangan takut,” tegasnya.

Menteri Kesehatan, Lawrence Springborg mengatakan penting bagi masyarakat untuk memanfaatkan tawaran ini untuk mendiagnosis, mendukung dan mengobati mereka yang terinfeksi HIV.

"Kita tahu saat ini ada sekitar 3,500 orang hidup dengan HIV di Queensland,” katanya.

"Kita pahami kalau sekitar 20 persen dari mereka yang terinfeksi HIV tidak mengetahui kalau mereka terpapat virus HIV karena mereka tidak memeriksakan diri,”

"Oleh karena itu kita ingin menjangkau warga Queensland untuk memberitahukan mereka mengenai sesuatu yang sebenarnya sangat penting untuk mereka ketahui dan pahami." Katanya.