ABC

Mobil Dinas Kurang, Polisi Tasmania Naik Bus Umum

Di  Negara Bagian Tasmania, beredar foto beberapa anggota polisi yang terpaksa harus naik bus umum sepulang dari menjalani pelatihan, lantaran tidak  tersedia mobil dinas untuk mereka. Temuan ini memunculkan keprihatinan Asosiasi Polisi Tasmania mengenai dampak dari pemotongan anggaran yang diberlakukan pemerintah negara bagian tersebut.

Sejumlah foto beredar menunjukan beberapa petugas kepolisian menggunakan bus sepulang dari lokasi pelatihan di Akademi Rokeby ke Bellerive untuk kembali berpatroli, lantaran tidak kebagian mobil dinas.

Temuan ini terkuak menyusul penetapan anggaran Negara Bagian Tasmania pertama yang menuntut kepolisian di negaranya melakukan penghematan sebesar $42 juta.

Kepala Asosiasi Polisi Tasmania, Pat Allen mengatakan aparat polisi juga dipaksa menggunakan kendaraan pribadi mereka  untuk pergi ketempat pelatihan.

"Anggota kami kesulitan untuk pergi ke tempat pelatihan, kondisi ini sudah berlangsung cukup lama. Mereka tidak bisa berangkat ke tempat latihan, jadi terpaksa naik kendaraan pribadi untuk pergi bekerja, dan itu kondisi yang tidak baik, situasi yang sangat keterlaluan,” katanya.

"Kondisi seperti ini hanya terjadi sejak pemotongan anggaran dilakukan pemerintah sebelumnya dan dipastikan kondisi ini akan terus berlanjut,”

Pada anggaran Negara Bagian tahun 2011, pemerintah Partai Buruh yang lalu meminta Departemen Kepolisian melakukan penghematan sebesar $18 juta selama 4 tahun.

"Kepolisian diminta melakukan penghematan di sejumlah sektor, saya tidak menyalahkan layanan kepolisian karena kondisi ini,” kata Allen.

"Saya melihat foto beberapa anggota polisi naik bus umum itu seperti lelucon, dan itu bukan pemandangan yang bagus dan bukan juga kondisi yang baik, - memang naik bus itu tidak bayar tapi saya tidak yakin apakah tindakan seperti itu akan bisa menghemat uang di dompet mereka.”

Komisioner Polisi Darren Hine mengatakan dirinya tidak mengetahui insiden anggotanya yang terpaksa harus naik bus umum karena tidak tersedianya mobil dinas.

Dia mengatakan anggaran kepolisian memang sedang dievaluasi, tapi hal itu tidak mempengaruhi jumlah kendaraan dinas.

Pemotongan anggaran ini juga dikhawatirkan akan mengancam masa depan kantor polisi di daerah lain di Tasmania.

Setelah pembukaan kantor polisi baru di Glenorchy, Komisioner Hine mengatakan dia tidak bisa menjamin masa depan kantor polisi lainnya mengingat lembaganya saat ini memang sedang berusaha keras untuk melakukan penghematan anggaran.