ABC

Michelle Guthrie Gugat ABC Atas Pemecatan Dirinya

Mantan Direktur Pelaksana ABC Michelle Guthrie menggugat lembaga penyiaran ABC ke pengadilan atas pemecatan dirinya. Sejumlah sumber mengatakan Guthrie akan mengklaim dewan ABC tidak memiliki alasan untuk memicu klausa pemberhentian dia dari jabatannya.

Michelle Guthrie telah memulai proses hukum formal ini dan menurut rencana berkas gugatannya akan diajukan pada awal minggu ini.

Seorang juru bicara untuk Michelle Guthrie mengatakan kepada ABC dia telah mengajukan klaim kepada Fair Work Commission, tetapi tidak mengkonfirmasi kerugian apa yang sedang dilaporkan.

ABC juga mengkonfirmasi bahwa Guthrie telah mengajukan keluhan, tetapi menurut seorang juru bicara, "rincian pengaduannya bukan masalah catatan publik".

Michelle Guthrie bulan lalu dipecat dari posisinya dipertengahan masa jabatannya selama lima tahun.

Pada saat pemecatan tersebut, Justin Milne yang ketika itu menjabat sebagai Direktur ABC mengatakan jajaran pimpinan ABC telah memutuskan bahwa kepentingan terbaik lembaga penyiaran ABC berisiko jika Michelle Guthrie terus memimpin organisasi itu.

Dia mengatakan dewan ABC telah membuat keputusan atas nama kepentingan jutaan warga Australia yang terlibat dengan konten ABC setiap minggu.

Dia tidak bersedia mengomentari apa yang menyebabkan diambilnya keputusan itu untuk menghormati Michelle Guthrie, namun ketika terus didesak ia mengatakan gaya kepemimpinan Guthrie yang telah menjadi faktor penyebabnya.

Pada saat itu, Michelle Guthrie mengatakan dia merasa pemberhentian dirinya tidak dapat dibenarkan dan dia mempertimbangkan akan mengambil langkah hukum.

"Sementara kontrak saya memang mengizinkan dewan untuk mengakhiri pengangkatan saya tanpa sebab dan dengan segera, saya percaya tidak ada pembenaran bagi dewan untuk memicu klausa penghentian itu," katanya.

"Tidak ada masalah yang dibicarakan dengan saya tentang transformasi yang dilakukan, strategi berinvestasi pada pemirsa, dan keefektifan saya dalam menyampaikan strategi itu."

Michelle Guthrie dipecat pada hari Senin, 24 September 2018, dan pada akhir pekannya, Justine Milne juga mengundurkan diri di tengah tuduhan bahwa ia mencampuri kebebasan editorial ABC.

Pada hari-hari setelah pemecatan Michelle Guthrie, sejumlah laporan yang dipublikasikan oleh media Fairfax dan News Limited mengklaim Milne telah mendesak Direktur Pelaksana ABC untuk memecat dua wartawan terkemuka ABC karena pemerintah "membenci" mereka.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.