ABC

Meriahnya Pesta Kembang Api Tahun Baru 2016 di Berbagai Kawasan di Australia

Ratusan ribu orang berkerumun di Sydney dan Melbourne untuk menyaksikan kemeriahan pesta kembang api di malam pergantian tahun 2016.

Diperkirakan 1,6 juta orang memadati kawasan pusat perkotaan Sydney untuk menyaksikan pesta kembang api terbesar paada malam tahun baru di negara bagian New South Wales, kawasan pelabuhan sudah dipadati warga sejak pukul 20:30 waktu setempat.

pesta kembang api di Sydney - yang diperkirakan menelan biaya $7 juta - diberi tema "city of colour(kota warna)" dan jembatan Harbour Sydney menjadi lokasi pusat perayaan pergantian malam tahun baru.

Ribuan orang berebut menempatkan kursi mereka di pojok Macquarie guna mendapatkan tempat terbaik menyaksikan pesta kembang api tersebut.

Beberapa orang bahkan mendirikan kemah di titik McMahons sejak dua hari yang lalu menjelang  pesta kembang api untuk mendapatkan lokasi terdepan.

Di Melbourne, sekitar setengah juta orang memadati pusat kota di tepi Sungai Yarra guna menyaksikan pesta kembang api yang dielenggarakan lebih awal.

Warga disuguhkan pemandangan cakrawala kota dengan 10 ton kembang api yang menghiasi langit di tengah malam.

Di Canberra, sebagian besar pesta kembang api diselenggarakan di  Balai Kota dengan api berwarna juga diluncurkan dari atap bangunan itu di Civic Square.
 
Sementara itu di Tasmania, ribuan penari memeriahkan Falls Festival di Marion Bay.


Meskipun prakiraan cuaca mengatakan suhu udara pada malam tahun baru mencapai 39 derajat Celsius di Kota Adelaide dan pusat-pusat kota lainnya di Australia Selatan, puluhan ribu orang memadati tempat-tempat yang biasanya menjadi pusat keramaian di malam tahun baru untuk menyambut tahun 2016.

Pesta tahun baru di pantai di Brighton dan Glenelg yang juga menjadi tempat yang sangat populer didatangi warga dan dipusat kota pesta kembang api terbesar tengah malam juga digelar oleh Dewan Kota Adelaide diluncurkan dari Torrens Lake.

Sedangkan perayaan malam tahun baru utama di Launceston berlangsung di Royal Park dan di Hobart, dimana warga beserta anggota keluarganya menikmati hiburan malam tahun baru dan pesta kembang api dengan dikawal ketat polisi.

Dan warga di Brisbane menikmati lebih dari 30.000 kembang api - yang diluncurkan dari lima perahu  tongkang di Sungai Brisbane  - satu jam setelah perayaan dimulai di negara-negara selatan.

Ribuan orang memenuhi titik pandang utama di South Bank dengan restoran, pub dan klub juga penuh sampai penuh.
 

Dan warga Darwin memasuki tahun 2016 dengan pesta kembang api di kawasan Waterfront untuk pertama kalinya  meskipun banyak juga warga yang lebih menikmati merayakan malam tahun baru dengan tema pedalaman Australia.