ABC

Menyampaikan Pesan Positif Lewat Seekor Jerapah

Seorang seniwati dan mahasiswi dari Ipswich di Queensland, Australia, mencoba untuk menyebarkan inspirasi dan motivasi melalui pesan-pesan positif lewat ilusatrasi tokoh jerapah, yang ia lukis sendiri.

Penny Redshaw. Foto: ABC Local Radio, Elly Bradfield.
Penny Redshaw. Foto: ABC Local Radio, Elly Bradfield.
Penny Redshaw menamakan seri ilustrasinya sebagai Motivating Giraffe, dengan tokoh seekor jerapah berwarna kuning dengan corak tubuh kemerahan. 

Sebenarnya ia mengawali menggambar ilustrasi ini setelah dirinya sendiri mengalami masa-masa depresi dalam hidupnya.

"Saya harus menghadapi depresi tahun lalu, kemudian saya menemui dokter dan mengikuti terapi," ungkap Redshaw. "Saya sebenarnya memulai saat sedang mengalami depresi, sebagai satu cara bagi saya keluar dari masalah yang saya hadapi."

Setiap ilustrasi yang digambarnya menceritakan tokoh jerapah, yang kadang ditemani bersama sahabatnya yakni seekor babi, dalam berbagai situasi. Setiap ilustrasinya dilengkapi dengan kutipan-kutipan yang memotivasi.

Jerapah ia pilih karena Redshaw mengaku tidak bisa menggambar kucing dengan baik.

"Jerapah yang saya gambar mungkin jerapah yang buruk, karena lebih terlihat seperti seseorang dengan leher yang panjang," jelasnya. "Orang-orang bertanya mengapa saya tidak menggambarnya secara digital, tapi saya memang lebih senang menggunakan pensil, kertas, kemudian di-scan."

Redshaw yang mempelajari ilmu sains sosial ini memanfaatkan media jejaring sosial 'Reddit', yang berhasil mendapat banyak tanggapan.

Ia mengaku sejumlah pengguna jejaring sosial telah mencoba menghubunginya dan menyatakan bagaimana ilustrasinya telah membantu mereka melewati cobaan hidup.

"Setelah memulai di Reddit, saya sekarang menggunakan Facebook dan Instagram... Saya mendapat pesan-pesan, bahkan dari negara-negara yang belum pernah saya dengar sebelumnya, dan mereka mengucapkan terima kasih," kata Redshaw.

Sebuah upaya untuk membuat kumpulan ilustrasinya dalam bentuk buku kini sedang dilakukan melalui 'crowdfunding' atau penggalangan dana lewat internet.

"Dalam 30 hari sudah terkumpul sekitar $7.000 atau Rp 70 juta melalui internet. Ini bisa membiayai penerbitan 1.200 buku."

Berikut beberapa ilustarasi dari tokoh jerapah yang digambar oleh Redshaw.

'

Tokoh jerapah Graf' and temannya, seekor babi, menebarkan pesan-pesan positif bagi para pembacanya. Foto: Penny Redshaw.

Setiap gambar dilengkapi dengan kutipan-kutipan yang memberikan motivasi bagi pembacanya. Foto: Penny Redshaw.

Penny Redshaw menggunakan ilustrasinya untuk membahas kesehatan jiwa dan permasalahan hidup. Foto: Penny Redshaw.