ABC

Menyambut Mahasiswa Baru RI di Adelaide

Gabungan komunitas Indonesia di South Australia mengadakan acara bertajuk welcoming new students pada Sabtu 6 Agustus 2016. Mereka menyambut 30-an mahasiswa baru itu dengan sepedaan bersama.

Acara yang dipelopori oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia South Australia ini mendapat sambutan yang hangat dari seluruh komunitas lintas agama dan budaya Indonesia di South Australia. Acara yang diadakan di Boython Park ini sebegai bentuk sambutan hangat kepada mahasiswa baru yang intake winter ini.

Dalam sambutannya, Ridlo Kuntoro Haryono sebagai ketua PPI SA mengungkapkan bahwa acara welcoming ini sebagai wadah silaturrahmi antar komunitas Indonesia dalam rangka mempererat kerjasama dan kolaborasi khususnya dalam rangka melaksanakan dua agenda besar di South Australia yaitu perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia dan INDOfest pada bulan September mendatang.

Selain Ridlo, Ibu Tji selaku ketua Australian Indonesian Association South Australia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PPIA, baik cabang South Australia maupun PPIA ranting University of Adelaide, Flinders University dan University of South Australia serta menghimbau segenap pelajar dan masyarakat Indonesia di South Australia agar bersama-sama mensukseskan acara tahunan INDOfest.

Acara welcoming ini diawali dengan bersepeda bersama mulai dari Victoria Square menuju Bonython Park. Lebih dari 30 Mahasiswa baru asal Indonesia yang kuliah di berbagai kampus di South Australia juga tampak mengikuti rangkaian acara dari awal sampai akhir. Mahasiswa baru dari University of Adelaide misalnya sangat semangat mengikuti setiap sesi yang disiapkan oleh panitia.

"Acara ini penting sebagai bentuk orientasi kami sebagai pendatang baru di South Australiaā€¯ ungkap Rijal, salah seorang mahasiswa baru yang mengambil Master of Education di University of Adelaide.

ppia adelaide utama.jpg
Komunitas Indonesia di South Australia menyambut para mahasiswa RI yang baru tiba di sana. (Foto: kiriman)

Momentum ini juga dimanfaatkan oleh semua komunitas Indonesia di South Australia dalam rangka memperkenalkan komunitas masing-masing sekaligus sebagai signal bahwa keberagaman di Indonesia yang merupakan salah satu bentuk kekayaan kita juga tercermin di South Australia.

Acara welcoming ini ditutup setelah melakukan rembuk bersama seluruh komunitas dalam rangka persiapan acara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di South Australia. Setelah sesi foto bersama seluruh peserta welcoming selesai, acara dilanjutkan dengan ngobrol santai dan sepeda bersama menuju ke arah city.

*Soni Ariawan, Ketua PPIA the University of Adelaide.