ABC

Menkeu Australia Disoroti Soal Tiket Keluarganya ke Singapura

Menteri Keuangan Australia Mathias Cormann kini disoroti terkait tiket pesawat yang dia gunakan bersama istri dan anak-anaknya pergi liburan ke Singapura pada Januari lalu. Saat itu, biro travel ternyata tidak menagih harga tiket tersebut.

Menkeu Cormann mengakui dirinya tak menyadari jika ternyata dia tak ditagih Rp 27 juta ($ AUD 2.700) untuk tiket bagi dia, istri dan dua anaknya dari biro travel Helloworld.

Tagihan tersebut sudah dia lunasi kemarin, setelah dihubungi wartawan terkait isu ini.

Menurut penjelasannya, terjadi kesalahan administrasi pada biro travel itu sehingga menyebabkan mereka gagal menagih kartu kredit sang menteri.

"Ssampai ditanyai oleh media kemarin, saya tak pernah menerima peringatan bahwa ada tagihan yang belum lunas," ujar Senator Cornmann dalam sebuah pernyataan.

Meskipun sekarang, katanya, dia akui bahwa memang ada tagihan dan belum lunas dari sistem keuangan Helloworld.

"Pembayaran langsung diproses begitu saya tahu adanya tagihan yang belum dibayar," ujarnya.

Dia berdalih, kartu kreditnya telah dipotong saat dia melakukan pemesanan tiket pesawat ekonomi saat itu.

Sementara itu dilaporkan bahwa CEO dari biro travel Helloworld, Andrew Burnes, ternyata merangkap juga sebagai bendahara Partai Liberal, partainya Menkeu Cormaan.

Senator Cormann kemudian merilis surat yang diterimanya dari bagian keuangan Helloworld, Michael Burnett, tertanggal 19 Februari 2019.

Suratnya berisi penjelasan dari Burnett bahwa memang pihaknay tidak pernah mengirim peringatan mengenai tagihan tiket yang belum lunas ke Menkeu.

"Penerbangan tersebut tidak gratis dan memang tak pernah dimaksudkan sebagai tiket gratis," kata Burnett dalam suratnya.

Senator Cormann sendiri membantah ada kaitan antara tiket tersebut dengan kontrak yang dimenangkan anak perusahaan Helloworld.

"Saya sama sekali tidak mempengaruhi atau berupaya mempengaruhi hasil dari proses tender tersebut," katanya.

"Saya sama sekali tidak berperan dalam pemberian tender ini atau selama negosiasi kontrak dengan pemenang tender," tambahnya.

Ikuti juga berita lainnya dari ABC Indonesia.