ABC

Menghabiskan Liburan Sekolah di Mancanegara

Di Australia setiap tahunnya, anak-anak mendapat liburan sekolah selama 14 minggu, hal yang barangkali tidak sama di berbagai negara di kawasan. Namun apa saja yang anak-anak di sejumlah negara ketika musim liburan tiba?

1. Olivia dan Cameron
Olivia dan Cameron
ABC: Tiffany Milsom
Usia 14 dan 10, dari Adelaide, Australia Selatan

“Kami akan melakukan camping dan bermain ski air di Sungai Murray bersama keluarga dan teman-teman. Menyenangkan sekali karena akan tidur di tenda, bermain dengan teman-teman, dan main ski air seharian. Di malam hari, kami memanggang makanan, dan duduk di dekat api unggun sampai tengah malam." kata Olivia.
2. Kate dan Eliza
Kate dan Eliza
ABC: Rochelle Johnston
Usia 10 dan 6, dari Adelaide, Australia Selatan

"Di masa liburan, pikiran kita kan "oh besok saya tidak harus sekolah." kata Kate.  "Kami biasanya bikin satu hari namanya hari piama. Hari itu kami tidak harus melakukan apapun, bahkan tidak harus ganti baju tidur. Pokoknya bermalas-malasan dari pagi sampai sore, kami boleh tidur, main komputer atau membaca buku."

"Yang paling enak selama liburan sekolah adalah bisa bermain dengan keluarga dan tidur di rumah teman."
3. Khushi Bahl
Khushi Bahl
ABC Licensed: Image supplied
Usia 15, dari Rohini, Delhi

“Karena ini tahun terakhir, saya berencana mengambil les tambahan, dan ikut kursus selama musim panas, supaya tidak ketinggalan. Namun saya juga berusaha menikmati liburan. kami berencana liburan 5 hari ke Kasauli bersama seluruh keluarga."

"Saya juga berencana membersihkan dan mendekorasi kamar saya dengan bantuan teman-teman." "Kami berencana mengecat salah satu dinding, dengan gambar abstrak, dan warna yang cerah. Kami juga akan tidur bareng di rumah dan menonton beberapa film. Saya juga akan bermain lebih sering dengan dua binatang peliharaan Whisky dan Genie." kata Bahl.
4. Tanisha
Tanisha
ABC Licensed: Image supplied
Usia 9, dari India

“Liburan kali ini saya akan ikut kelas menggambar. Di sore hari tidak ada kegiatan, dan malamnya berenang. Selain berbagai kegiatan ini, saya juga akan menonton televisi, bermain games komputer, dan keluar bersama keluarga dan teman-teman."

"Di waktu senggang lainnya, saya akan belajar menarik dan bermain badminton dengan kakak perempuan."  "Juga liburan kali ini, orang tua saya sudah berencana pergi ke Kahsmir. Karena pas liburan ini cuacanya panas sekali, pergi ke Kashmir dengan udara yang sejuk akan sangat menyenangkan." kata Tanisha.
5. Maria Veda
 Maria Veda
ABC Licensed: Image supplied
Usia 15, dari Jakarta Selatan, Indonesia

“Di liburan sebelum ini, saya ikut retret selama 3 hari dan saya senang mengikutinya. Kami bermain, bernyanyi bersama, dan berdoa. Saya ikut program ini bukan karena desakan orang tua, tetapi karena saya memang tertarik, dan hampir seluruh teman-teman sekolah juga ikut."

"Untuk liburan mendatang, saya belum punya rencana khusus, mungkin tetap akan di Jakarta saja. Biasanya saya akan bertemu teman-teman, dan bersama-sama ke mall, minum kopi dan ngobrol apa saja. Kalau liburan di Jakarta, saya akan mendapat uang saku tambahan dari orang tua,selain yang sudah rutin tiap minggu." kata Maria.
 
6. Diandra Aqila Puteri
Diandra Aqila Puteri
ABC Licensed: Image supplied
Usia 12, dari Jakarta Utara

Diandra biasanya menghabiskan liburan dengan main ke mall atau ke rumah keluarga lain, seperti yang juga banyak dilakukan oleh anak-anak di Jakarta. Liburan sebelumnya agak berbeda, dimana dia ikut Smart Camp for Kids di Bogor, kegiatan perkemahan selama seminggu ini yang mirip dengan pesantren kilat.

"Kami membantu para manula membawa barang-barang mereka, dan saya membantu mencuci piring di warung kaki lima, mengisi botol kecap dan sambil, membersihkan meja dan kursi. Sesuatu yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, namun saya senang. Sekarang saya betul-betul mengerti betapa susahnya mencari uang untuk hidup." kata Diandra.
7. Innocent
 Innocent
ABC Licensed: Image supplied
Usia 15, dari Thailand

"Nama saya Innocent, sekarang kelas 10 di kamp pengungsi Mae La di perbatasan Thai-Birma. Selama musim liburan sekolah, saya bekerja di perpustakaan. Saya mencatat siapa saja yang meminjam buku, dan siapa yang mengembalikan. Untuk itu saya mendapat bayaran 800 bath (sekitar Rp 300 ribu) per bulan. Saya tidak bekerja lagi kalau sekolah dimulai."

"Saya sebelumnya menjadi relawan di perpustakaan tersebut, dan ketika mereka memerlukan pekerja, guru saya bertanya apakah saya mau kerja di sana dan saya bilang ya." "Di waktu senggang, saya biasa memmbuat gelang dengan menggunakan berbagai warna. Saya membuat gelang untuk saya sendiri dan adik perempuan."  
8. Eddie
Eddie
ABC Licensed: Image supplied
Usia 17, dari China

"Nama saya Eddie, sekarang kelas 11 di SMA World Foreign di Shanghai.

"Musim liburan sekolah di musim panas adalah masa-masa paling menyenangkan. Saya biasanya akan bepergian selama seminggu bersama keluarga dan teman, dan sisanya saya habiskan untuk membaca buku-buku sains fiksi, biografi atau buku sejarah klasik.

"Liburan mendatang ini, saya akan mengikuti program musim panas di Kanada, bila saya diterima. Karena saya juga berencana untuk masuk universitas di Amerika, saya juga mulai mempersiapkan lamaran."  "Tentu saja, saya juga tetap melakukan kegiatan fisik seperti berenang atau bermain bulutangkis supaya badan tetap fit."
9. Grace Htoo
Grace Htoo
ABC Licensed: Image supplied
Usia 15, dari Yangon (Rangoon), Myanmar

"Saya sekarang sekolah di SMA No 2 di Yangon. Saya baru saja lulus ujian kelas 9. Jadi selama masa liburan ini, saya ikut les tambahan untuk mempersiapkan diri bagi ujian kelas 10 (kelas terakhir di sekolah menengah)." katanya.

"Saya tidak memiliki hobi, saya suka semuanya. Namun ketika dewasa nanti, saya ingin menjadi insinyur."