ABC

Mengapa Melbourne Ideal Untuk Merintis Perusahaan Baru

Memulai bisnis di Melbourne, Australia, mungkin bisa menjadi pilihan tepat. Inilah catatan Scott Handsaker, praktisi perintisan usaha baru, yang menjelaskan mengapa Melbourne sangat ideal untuk itu.

Mengapa saya tidak memilih Berlin atau London, mengapa bukan San Francisco, New York atau Singapura?

Menurut saya, Melbourne merupakan tempat luar biasa untuk merintis perusahaan baru dan Anda bisa datang dan merasakannya sendiri.

Ada kalimat Dr Suess yang terus menari-nari di kepala saya, mengenai perlunya berhati-hati dalam memilih jalan yang akan ditempuh.

Berhadapan dengan ribuan pilihan dan dikepung berbagai nasehat, sering yang kita harapkan sebagai pendiri perusahaan baru, adalah bahwa kepala dan kaki akan mengarahkan kita ke arah yang benar - seperti ungkapan Dr Suess.

Kaki saya membuat saya tetap berada di Melbourne, meskipun dunia bisnis itu rata dan saya bisa hidup dimana saja sesuai pilihan yang ada.
 

Inilah beberapa alasan mengapa Melbourne adalah tempat yang ideal untuk membangun perusahaan rintisan Anda:

Kota paling nyaman ditinggali

Kota Melbourne nyaman ditinggali (Foto: Chris Ford)

. (Flickr CC: Chris Ford)
. (Flickr CC: Chris Ford)

Merintis perusahaan baru adalah hal yang sulit. Jika Anda memulai mendirikan 3 atau 4 perusahaan rintisan, biasanya perlu beberapa kali sebelum akhrinya sukses, sebaiknya Anda melakukannya di kota terbaik dunia.

Melbourne baru-baru ini dinobatkan sebagai kota paling nyaman untuk dihuni selama empat tahun berturut-turut. Survei The Economist ini memberi nilai bagi kota-kota di dunia di sejumlah area, termasuk kesehatan, pendidikan, stabilitas, budaya, lingkungan dan infrastruktur. Melbourne mencetak nilai 97,5 hampir sempurna dari nilai 100.

Mendirikan perusahan rintisan atau Startup itu merupakah hal yang sangat menantang. Makanya, jika harus mengatasi hal paling sulit yang pernah Anda lakukan, Anda mungkin juga melakukannya di sebuah kota yang bisa mendukung Anda.

Masyarakatnya

Meskipun banyak faktor untuk mendapatkan ekosistem startup yang sukses, sulit mengabaikan faktor 'masyarakat' sebagai ukuran tunggal dari kekuatan. Tanpa komunitas yang mendukung, berkembang dan dinamis, pendirian perusahaan rintisan akan sulit untuk bertahan hidup.

Misalnya tahun 2009, situasi di Kota Melbourne sangat terkotak-kotak, tapi selama lima tahun terakhir ada banyak perubahan.

Misalnya ruang kerja bersama. Beberapa ruang kerja bersama bermunculan hingga rumah-rumah yang berkembang pesat di Melbourne. Dimana setiap tahun ada saja ruang bekerja semacam ini yang bermunculan setiap bulan.

Event-event perusahaan rintisan

Banyak event yang berkaitan dengan bagaimana memulai usaha baru. (Foto: Kristofor Lawson)

Events merupakan salah satu aspek yang penting dari pemandangan di Melbourne. Misalnya event Lean Startup Melbourne (yang dikelola oleh Startup Victoria) merupakan salah satu event usaha rintisan reguler yang sangat terkenal di Australia yang menarik perhatian 400-500 orang setiap bulannya. Pembicara yang hadir dalam event ini tahun 2014 lalu termasuk di antaranya Steve Blank (Lean Startup Movement), Dave McClure (500 Startups), Collis Taeed (Envato) dan Leni Mayo (99Designs).

Startup Grind, Silicon Beach Drinks, Startup Weekend dan Startup Healthtech merupakan event yang paling banyak dihadiri dan dilaksanakan setiap bulan. Sejumlah ruang bekerja-bersama di sekitar kota juga banyak menjalankan kegiatan mereka sendiri, dengan fokus pada lokakarya yang mendidik dan menginspirasi masyarakat untuk merintis usaha mereka.

Pada tahun 2014 Melbourne menyelenggarakan forum Above All Human, sebuah konferensi berkelas dunia yang menghadirkan pembicara dari seluruh dunia. Pembicaranya termasuk Justin Kan (Twitch and Ycombinator partner), Steve Huffman (Reddit), Joyce Kim (Stellar) dan Tikhon Bernstam (Parse). Above all Human saat ini telah menjadi agenda rutin Kota Melboune dan akan kembali diselenggarakan pada tahun  2015.

Kisah-kisah sukses

Collis Ta'eed tiba untuk bekerja di Envato. (Foto: Envato)

Sejumlah perusahaan rintisan di Melbourne telah sangat sukses selama beberapa tahun terakhir, dengan sejumlah kecil di antara mereka telah berhasil melantai di Bursa Sahan Australia (ASX). Lihat saja, REA Group, Aconex dan CarSales semuanya membangun kerajaan bisnis yang sangat besar, menghasilkan pengembalian yang sangat besar bagi investor mereka setelah melantai di ASX dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa waktu belakangan, perusahaan rintisan di Melbourne terus berkembang baik dengan menggunakan sumber daya mereka sendiri atau mengumpulkan uang dari investor luar yang akan menarik banyak imbalan dari pertumbuhan mereka.

Envato misalnya tetap menjadi salah satu perusahaan rintisan yang paling kuat, dimana salah satu situs Web mereka mampu menembus daftar 100 situs yang paling sering dikunjungi di dunia, mengalahkan Netflix dan Dropbox.

Selain itu, ada juga Lifx, yang merupakan perusahaan rintisan memanfaatkan sektor IoT (internet of things) untuk mengembalikan kejayaan perusahaan lightbulb. Perusahaan ini berhasil meningkatkan laba perusahaan lebih dari $1 juta lewat perusahaan pendanaan proyek kreatif - Kickstarter, hanya dalam waktu kurang dari lima hari. Mereka berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar $12 juta dari Sequoia Capital, yang mendirikan kantor di Silicon Valley dan Inggris.

Lalu, Culture Amp yang telah bekerja keras selama empat tahun di Richmond di dekat pusat kota Melbourne. Dengan daftar pelanggan yang kini meliputi Airbnb, Uber, Adobe dan Warby Parker, mereka baru-baru ini menambah modal $6.300.000 untuk mempercepat pertumbuhan mereka.

 

Datang ke Melbourne

Elizabeth Street di Melbourne. (Foto: TC Photography)

Memang tidak ada jaminan kesuksesan, tapi pepatah mengatakan semakin tinggi resiko yang dihadapi, semakin tinggi keuntungan yang didapatkan. Hal itu sangat tepat saat ini.

Namun Melbourne merupakan kota yang menghargai usaha dan ada pertumbuhan dan dukungan dari masyarakat yang dapat membantu. Perusahaan rintisan dari AS mencari kantor di Asia Pasifik untuk melakukan startup - semakin banyak berasal dari Melbourne, termasuk Zendesk, Eventbrite dan Stripe.

Masih tersisa banyak ruang, jika Anda ingin datang dan bergabung dengan kami.

*Tulisan ini merupakan pendapat pribadi. Scott Handsaker adalah pendiri dan CEO dari Attendly, perusahaan Startup yang menyediakan solusi pendaftaran bagi partisipasi massa dan event. Dia juga ikut mendirikan dan kini pelaksana sementara CEO Startup Victoria, selain sebagai mentor di Angelcube, akselerator usaha yang berbasis di Melbourne.