ABC

Mengapa Canberra Punya Lebih Banyak Bundaran Daripada Lampu Merah

Para turis sering menganggap lucu mengapa Canberra begitu menyukai bundaran di jalan-jalan raya ibukota Australia ini. Benarkah Canberra memiliki lebih banyak bundaran jalan dibandingkan kota besar lainnya di Australia?

Program Curious Canberra dari ABC pekan ini coba menjawab pertanyaan Kial Stewart, satu dari sekian banyak warga yang penasaran dengan banyaknya bundaran di kota ini.

"Saya menghabiskan beberapa tahun tinggal di kota lain dan ketika memperkenalkan diri dari Canberra dan asli Canberra, saya biasanya ditanya mengenai bundaran," katanya.

"Saya tertarik untuk melihat apakah ... kita memiliki jumlah bundaran yang banyak dan pertanyaan berikutnya - adalah hal itu buruk?"

Untuk menjawab pertanyaan tersebut , saya menemui beberapa akademisi terkemuka di kota ini tentang seluk-beluk fitur jalan raya Canberra yang paling banyak disoroti tersebut.

Berapa jumlah bundaran?

Roads ACT Director Tony Gill
Direktur Roads ACT Tony Gill menjelaskan Canberra memiliki lebih banyak bundaran daripada lampu merah.

ABC News: Tom Stewart-Moore

Saya menemui Direktur Roads ACT Tony Gill mencari tahu angka-angka.

"Canberra punya 406 bundara and 276 set lampus merah," jelasnya.

"Kebanyakan bundara tersebut terletak di lingkungan permukiman dan lampu-lampu merah di kawasan jalan utama," tambah Gill.

Bagaimana perbandingan Kota Canberra dengan kota lainnya di Australia. Muncul pertanyaan! Saya mencari tahu jumlah bundara jalan di Melbourne, Adelaide dan Sydney.

Rekan kita di selatan juga cukup menonjol dalam hal bundaran ini. Melbourne memiliki 3.858 bundaran jalan, yang tampaknya begitu banyak.

Di Kota, jumlah 773 buah. Sedangkan kota tetangga Canberra yakni Sydney tidak sederhana untuk mendapatkan jumlah pastinya.

Kini ada 30 pemerintah lokal kota di Sydney, dan cuma 15 pemkot yang memberi jawaban berapa jumlag bundaran jalan di wilayahnya masing-masing.

Jika angka yang ada dijumlahkan hasilnya 1.128 bundaran, namun ini tidak mencerminkan keselurhan Sydney.

Karena itu, saya melakukan perbandingkan jumlah bundaran dengan jumlah penduduk di wilayah tersebut, sehingga bisa diperkirakan berapa penduduk perbundaran jalan.

Jika perhitungan saya tepat (1.128 bundaran untuk 1,75 juta penduduk di 15 pemkot yang memberi jawaban) kota Sydney akan memiliki rata-rata 1.600 penduduk per bundaran jalan.

Jika diperbandingkan, maka Melbourne (dengan populasi 4,5 million) memiliki rata-rata 1.200 penduduk perbundaram jalan.

Adelaide (1,3 juta penduduk) memiliki 1.700 penduduk perbundaran jalan.

Dan Canberra kurang lebih memiliki satu bundaran untuk setiap 1000 penduduk, sekaligus menjadikannya yang paling tinggi.

Mengapa banyak bundaran di Canberra?

Commonwealth Avenue roundabout near Albert Hall in Canberra.
Bundaran di jalan Commonwealth Avenue Canberra beberapa puluh tahun silam.

Supplied: National Library of Australia

Foto bundaran jalan paling lama di Canberra yang saya temukan berasal dari tahun 1945.

Ini menunjukkan sejarah panjang kota ini dengan bentuk lingkaran lalu-lintas tersebut. Saya menemui Dr Cameron Gordon, pakar transportasi perkotaan dari University of Canberra.

"Alasan tradisional untuk bundaran jalan adalah demi keselamatan," jelasnya.

"Apa yang dipikirkan para petugas keselamatan jalan adalah, bagaimana kita merancang perempatan paling aman? Dan itu dua sisi, yaitu mengurangi kecelakaan dan jika terjadi bagaimana agar tidak parah," jelas Dr Gordon.

Dr Gordon menyatakan bundaran jalan lebih aman dibandingkan bentuk persimpangan jalan lainnya, di antaranya karena memaksa pengendara untuk melambatkan laju kendaraan.

Meskipun mungkin lebih aman, namun Dr Gordon mengatakan bundaran di Canberra juga cenderung membingungkan.

"[Bundaran] umumnya dirancang dengan pertimbangan arus lalu lintas ... mereka [perencana] kerap tidak memikirkan apa yang kita sebut 'wayfinding', seperti papan rambu [dan] waktu buah mengambil keputusan," kata Dr Gordon.

"Mungkin itu mungkin masalah besar bagi pengunjung. Saya mengalaminya ketika pindah ke sini. Saya butuh sekitar satu setengah tahun untuk tidak lagi tersesat!" ujarnya.

Dan ini yang bisa menjelaskan mengapa orang luar menemukan bundaran jalan di Canberra sulit dilupakan.

Roundabout sign in Canberra.
Tanda rambu bundaran.

ABC News: Tom Stewart-Moore

Lebih baik dari yang lain?

Warga yang mengajukan pertanyaan ini, Kial, meminta jawaban apakah bundaran baik atau buruk. Makanya saya menemui seseorang yang bisa memberi pertimbangan bernilai, yaitu Milica Muminovic, Asisten Profesor Arsitektur di Universitas Canberra. Ditanya apakah bundaran itu baik atau buruk, dia menukas:

"Ya, mengapa tidak? Tidak ada dua kota yang sama di dunia, jadi saya pikir itu hal yang baik," katanya.

Sementara kita hanya fokus pada dampak bundaran terhadap kendaraan, Milica mengatakan bundaran juga mengubah kota bagi pejalan kaki.

"Geometri tersebut juga memperluas ukuran ruang publik, yang berarti bahwa jarak tempuh pejalan kaki menjadi lebih jauh di kota ini," ujarnya.

Curious Canberran Kial Stewart
Warga Canberra Kial Stewart (kanan).

ABC News: Tom Stewart-Moore

Diterbitkan Pukul 12:00 AEST 5 Desember 2016 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris.