ABC

Mencapai Kepuasan dengan Kerja Sukarela

Kerja sukarela memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat di Australia, dan lebih dari 6 juta warga menyediakan waktu mereka untuk membantu ratusan ribu organisasi di seluruh negeri.

Di Australia, minggu ini (12-18 Mei) adalah Minggu Sukarelawan Nasional, dan tahun 2014 memperingati 25 tahun keberadaannya.  Apa saja yang dilakukan para sukarelawan dan mengapa mereka mau terlibat, ABC berbicara dengan beberapa diantara mereka di Australia Selatan.

Winschurill dari Hong Kong - Dinas Pemadam Kebakaran Australia Selatan
Winschurill from Hong Kong - South Australian Country Fire Service
ABC: Tiffany Milsom

"Dinas Pemadam Kebakaran ini adalah kelompok pemadam kebakaran yang bekerja sukarela, membantu menyelamatkan nyawa dan harta benda."

"Saya ikut bergabung karena saya ingin membantu, dan menyenangkan karena seperti petualangan."

"Kerja sukarela adalah bagian dari kehidupan masyarakat di sini, dan saya kira penting karena semua orang berusaha saling membantu."

"Juga bisa menjadi sumber pertemanan..bertemu dengan orang-orang baru di Australia Selatan, dan melakukan perjalanan ke berbagai wilayah Australia."

"Kebanyakan kerja kami tidaklah menyelamatkan nyawa, namun kami banyak menyelamatkan harta benda khususnya di daerah pedesaan.  Setelah kami bekerja seharian misalnya memadamkan api, biasanya kami sangat lelah, dan inginnya tidur namun ketika bangun esok pagi, merasa segar lagi karena keinginan besar untuk membantu orang lain."

"Selama musim panas, keadaan sangat panas dengan tingkat kelembaban rendah. Hal ini membuat semua hal rentan terbakar, dan api dengan cepat bisa menyebar khususnya di daerah pertanian di daerah utara Australia Selatan."
 

ABC: Tiffany Milsom

"Saya tidak banyak mengetahui mengenai kerja sukarela di Hong Kong namun saya tahu mengenai besarnya perbedaan kehidupan sosial di sana. Banyak  orang kaya dan miskin, dan sebagai bagian dari kerja sukarela - seperti di Australia dengan Bala Keselamatan (Salvation Army) yang membantu mereka yang tidak beruntung - mereka bisa membantu melatih orang-orang guna mengerti dan mengharga kehidupan lebih baik."

Winschurill mengatakan penting sekali anak-anak muda untuk memikirkan orang lain dan mengerti masyarakat sekitar lebih baik."

 

Cathy dari China -  Animal Welfare League  (Liga Perlindungan Satwa) Australia Selatan
Cathy from China - Animal Welfare League of South Australia
ABC: Tiffany Milsom

" Liga Perlindungan Satwa *(Animal Welfare League) adalah organisasi yang berusaha memberikan tempat permanen bagi kucing dan anjing yang terlantar. Dan bila mereka sakit, kami akan mengurusi mereka juga."

"Saya menjadi sukarelawan setahun lalu. Saya mendapat informasi dari seorang teman. Dia mengadopsi seekor anjing dan menceritakan pengalaman dan apa yang dilihatnya."

"Kemudian saya mempelajari dari situs mereka, bahwa ini adalah lsm, yang membantu mencarikan rumah permanen bagi anjing dan kucing. Saya suka binatang, dan ingin belajar untuk melatih mereka, oleh karena itu saya kemudian bergabung..

"Program menjinakkan binatang adalah yang paling penting dilakukan di sini. Kebanyakan untuk anjing, guna melatih mereka hal-hal sederhana sehingga mereka bisa beradaptasi dengan baik dengan pemilik baru nantinya."

"Menjadi sukarelawan, juga memberi banyak manfaat bagi saya. Saya senang karena bisa membantu binatang yang tampaknya sangat rentan.".

"Rasanya dunia akan lebih sulit bila tidak ada orang yang menjadi sukarelawan, karena lembaga seperti Liga Penyelamatan Satwa ini tidak memiliki dana untuk mempekerjakan staf. Jadi jadi sukarela sangat penting dalam organisasi seperti ini."

 

ABC: Tiffany Milsom

"Saya kira banyak orang di Beijing tertarik melakukan kerja sukarela, namun mungkin gaya hidup mereka lebih sibuk dibandingkan dengan di Australia."

"Beberapa universitas dan sekolah di Beijing mulai memperkenalkan kegiatan kerja sosial guna mendorong siswa untuk membantu sesama di dalam masyarakat, khususnya masyarakat sekitar mereka.

"Saya kira penting sekali mengajar siswa untuk melakukan kerja sukarela. Perlahan mereka akan mengerti pentingnya kegiatan seperti ini. Ini akan membantu para anak muda untuk berpikir mengenai komunitas dalam gambar besar, bukan memikirkan mereka sendiri."
 

Wendy dari Malaysia - Meals on Wheels (Australia Selatan)
Wendy from Malaysia - Meals on Wheels (South Australia)
ABC: Tiffany Milsom

"Meals on Wheels adalah badan yang memberikan makanan bergizi kepada komunitas dan setiap hari pengendara membawa makanan untuk mereka yang tinggal sendirian."

"Waktu saya masih bekerja, saya selalu mengatakan ingin bekerja untuk komunitas."

"Dalam satu masa dalam kehidupan kita, selalu saja kita harus memenuhi kebutuhan diri sendiri dulu. Namun selalu menjadi mimpi, ketika semua sudah tercukupi, saya ingin bekerja sukarela. karena kita bisa memiliki segalanya mobil, rumah, baju yang bagus, namun dalam diri kita kosong."

"Saya pernah mencapai hal itu, ketika merasa kehidupan saya kosong. Saya punya banyak materi, namun merasa tidak berarti, dan bila saya melakukan kegiatan sukarela, akan bisa menutup semua itu."

"Ketika saya pensiun, saya berpikir untuk berhati-hati karena kalau kita kerja tidak dibayar, semua orang akan memanfaatkan kita. Jadi saya tidak melakukan kegiatan apa-apa selama setahun dan memutuskan akhirnya membantu di dapur  Meals on Wheels."

"Saya juga mengurusi ibu saya sendiri yang berusia 90 tahun, dan bisa melakukan kegiatan sukarela ini  memberi warna lain dalam kehidupan. Ada beberapa wanita lain di sini yang juga seperti saya, jadi kami bisa berbagi pengalaman."
 

ABC: Tiffany Milsom

"Saya kira penting untuk melakukan kerja sukarela, bukan saja untuk komunitas namun juga untuk diri kita sendiri.

"Ini menguntungkan semua phak. Saya dapat kepuasaan, saya tidak lagi merasa kosong, bisa bertemu dengan orang lain yang berpikiran sama dan bekerja dalam sebuah tim.

"Di Malaysia, kerja sukarela belum banyak bukan karena tidak ada yang mau, namun karena tidak ada dukungan dari pemerintah, dari berbagai organisasi, karena apapun organisasi sukarela tersebut, mereka memerluakn dukungan keuangan, dukungan perencanaan.Saya kira banyak orang ingin terlibat namun kita masih harus membentuk struktur organisasi untuk bisa berjalan.