ABC

Mencapai Daratan, Siklon Debbie Akan Bertahan 18 Jam

Mata angin Siklon Debbie mulai mencapai daratan di pesisir Queensland utara, Australia, Selasa (28/3/2017) sekitar Pukul 14:30 waktu setempat. Mata angin berdiameter 50 km tersebut telah melewati Pulau Hayman dan merusak Kepulauan Whitsunday.

Menurut Bureau of Meteorology (BOM), kecepatan angin di sekitar mata angin siklon ini mencapai 185 km perjam dengan hembusan angin mencapai 260 km perjam.

BOM menyebutkan hembusan angin diperkirakan bisa mencapai 270 km perjam di dekat mata angin.

Namun BOM memastikan badai angin ini tidak lagi mengancam Kota Townsville, Charters Towers, Mackay atau Kota Sarina.

Pada Pukul 1:00 siang, Siklon Debbie bergerak ke baratdaya dengan kecepatan lambat 11 km perjam.

Pulau Hayman sebelumnya diporakporandakan badai dengan hembusan angin mencapai 263 km perjam.

Pasokan listrik telah terhenti di Bowen seiring datang siklon ini di kota itu.

Pada tengah hari, Ergon Energy melaporkan lebih 30 ribu warga tidak mendapatkan pasokan listrik di kota-kota Airlie Beach, Proserpine, Bowen, Mackay dan Cannonvale.

Seorang warga bernama Sue dari Kota Proserpine kepada ABC Radio menjelaskan atap rumah tetangganya diterbangkan angin dan menghantam rumahnya.

"Tiga jendela kami rusak saat ini sehingga kamar-kamar terkena. Air masuk ke rumah dari kamar-kamar tersebut," jelasnya.

Koordinator Disaster Negara Bagian, Deputy Commissioner Steve Gollschewski mengatakan begitu melewati pesisir seluruhnya, siklon ini akan bertahan pada Kategori 3 saat berada di daratan selama 18 jam.

Warga Pulau Hamilton Gail Harvey menggambarkan ukuran siklon dan kerusakan yang ditimbulkannya sebagai "mencengangkan".

Warga lainnya Charlie, juga dari Pulau Hamilton, mengatakan pepohonan tumbang dan diterbangkan angin.

"Begitu aman untuk keluar, sekitar 900 teknisi akan siap memulihkan jaringan listrik kembali," kata Fowler.

Siklon ini bisa berlangsung hingga 18 setelah mencapai wilayah daratan.

BOM memperingatkan curah hujan antara 150mm hingga 500mm bisa terjadi hari ini.

Peringatan banjir telah dikeluarkan untuk sungai Proserpine River, begitu juga untuk sungai Don River di Kota Bowen dan sungai Pioneer River di Mackay.

Menteri Utama (Premier) Queensland Annastacia Palaszczuk mengatakan tinggi gelombang laut diperkirakan tidak akan lebih dari dua meter, yaitu lebih rendah daripada yang diperkirakan BOM sebelumnya.

Sekitar 25 ribu warga diperintahkan untuk evakuasi dari daerah-daerah rendah di Kota Mackay tadi malam. Premier Palaszczuk bersikukuh dengan keputusan tersebut dengan menyatakan lebih penting memilih sikap berjaga-jaga.