ABC

Memperhatikan Dasar Tata Bahasa Inggris

Apakah anda tahu bagaimana mengindentifikasi berbagai jenis kata, kalimat dan kalimat pengandaian yang berbeda dalam Bahasa Inggris?

ABC Education Learn English bericara dengan Christopher Lynch dari Trinity College, Melbourne mengenai sejumlah tips seputar tata bahasa bagi pembelajar Bahasa Inggris. Menurut Christopher, dalam mengenali dan memahami tata bahasa "didalam konteks" adalah salah satu cara terbaik dalam memperbaiki tata bahasa anda.

Christopher mendefinisikan dan memberi contoh jenis kata, kalimat dan kalimat pengandaian (conditional) yang berbeda alam Bahasa Inggris. Mengetahui informasi ini akan membantu anda mengenali penggunaan yang benar dari tata bahasa ketika anda sedang membaca atai mendengarkan dalam Bahasa Inggris.

Jenis-jenis kata

Di dalam Bahasa Inggris, ada sejumlah jenis kata yang berbeda (atau dikenal juga sebagai 'parts of speech').

Christopher mengatakan kata-kata berikut merupakan yang paling bermanfaat diketahui bagi mereka yang mempelajari Bahasa Inggris.

Definition Example
Noun Sebuah nama untuk tempat, seseorang, benda atau gagasan "Ball"
Verb Kata-kata kerja yang mewakili tindakan atau status dari suatu keberadaan "Throw" or "am"
Pronoun Mengambil tempat, atau merujuk/mewakili pada, sebuah kata benda "He" or "she"
Adverb Mengubah arti kata sifat, kata kerja atau kata keterangan lainnya. Kata keterangan dapat merujuk pada tempat, waktu, cara, derajat, kepastian atau frekuensi. "Cheerful" or "always"
Adjective Menggambarkan kata benda atau kata ganti "Beautiful" or "cool"
Preposition Ditempatkan sebelum kata benda dan menunjukan kepada kita dimana kata benda itu berada dalam waktu atau ruang "Near" or "by"
Determiner Ditempatkan sebelum kata benda dan menunjukan kepada kita jenis kata benda apa yang kita maksud "A" or "my" or "these"
Conjunction Menggabungkan klausa dan atau kalimat "And" or "but"
koran yang terlipat dan laptop berlayar hita
Apakah anda membaca berita online atau anda memilih berusaha mengidentifikasi jenis-jenis kalimat dan kalimat pengandaian didalam sebuah berita?

Pixabay CC: Simon

Jenis-jenis kalimat

Definition Example
Simple satu klausa independent "I love you."
Compound Dua klausa independen digabungkan dengan sebuah konjungsi atau kata sambung atau koordinator (seperti 'for') "I love you...but I don't like..."
Complex satu klausa independen dan satu klausa dependen "I love...because it is fun..."
Compound complex setidaknya terdiri dari dua klausa independen yang digabungkan dengan sebuah koordinator (seperti 'but'), dan sebuah klausa dependen "I love...but I don't like...because..."

Kalimat pengandaian (Conditionals)

Conditionals merujuk pada "situasi yang dibayangkan' dan "situasi yang benar," kata Christopher.

Definition Example
Zero conditional sebuah situasi atau hal yang selalu benar/nyata — seperti aturan sains "If you look, you see."
First conditional Sebuah situasi atau hal dimana kita berharap akan terjadi tapi tidak 100 persen yakin itu akan selalu benar/nyata terjadi "If you look, you will see."
Second conditional Situasi imajiner atau sebuah situasi yang kecil kemungkinan akan terjadi/benar/nyata "If you looked, you would see."
Third conditional Situasi imajiner di masa lalu "If you had looked, you would have seen."

Learn English Hacks adalah serial siaran langsung di Facebook yang menampilkan para pengajar Australia dimana mereka menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi para pembelajar dan bagaimana mengatasinya. Dapatkan informasi lainnya dengan mengunjungi Learn English Facebook page.