ABC

Melihat Sejarah Masjd di Australia

Di sebuah jalan kecil di barat daya kota Adelaide, berdiri sebuah bangunan tua yang didirikan pada tahun 1889. Bangunan ini adalah satu dari 340 masjid di Australia dan merupakan salah satu masjid tertua yang dibangun di dunia barat atau negara non-Muslim.

Tapi seperti apa sejarah masjid di Australia?

Masjid pertama di Australia dibangun di Marree, kawasan pedalaman Australia Selatan pada tahun 1861 oleh para penunggang unta Muslim.

"Mereka membangun masjid itu sebagai tempat singgah," kata Profesor Mohamad Abdulla dari University of South Australia. "Tapi yang menarik adalah kemana pun mereka pergi, mereka mencoba membangun sebuah masjid."

Masjid sudah tidak digunakan dan ditinggalkan, tapi replikanya dibangun kembali pada tahun 2003.

Komunitas Ahmadiyah adalah satu dari beberapa komunitas Islam yang pertama kali tiba di Australia. Mereka baru-baru ini membangun sebuah masjid baru di Adelaide barat.

"Kami ingin mengubah citra soal Islam, baik di Australia maupun di seluruh dunia," kata Waleed Shah dari komunitas Ahmadiyah.

"Kami ingin masjid menjadi simbol perdamaian, bukan menjadi tempat yang ditakuti orang," tambahnya.

Alina Eacott dari program Australia Wide mencoba menemukan sejarah masjid di Australia.

Tonton sejarah masjid di Australia lewat video berikut ini.

Anda bisa mendapatkan cerita menarik lainnya dari Australia Wide di Australia Plus TV, tersedia di kawasan Asia dan Pasifik.