ABC

Melbourne Terapkan Larangan Parkir di Jalan Sibuk

Pemerintah Negara Bagian Victoria, Australia, tengah menggodok rencana memberlakukan zona jalan bebas kendaraan di bahu jalan atau clearway selama 24 jam di salah satu jalan tersibuk Kota Melbourne sebagai upaya mengurangi kemacetan.

Menteri Urusan Sarana Jalan Victoria, Luke Donnellan, mengatakan larangan memarkir kendaraan di badan jalan di sepanjang jalan Hoddle Street akan diterapkan menyusul keberhasilan aturan serupa di sepanjang jalan Punt Road tahun lalu.

Menteri Donnelan mengatakan pengaturan clearway pada jam-jam tertentu selama ini terbukti mampu mengurangi setengah dari waktu tempuh perjalanan di akhir pekan dan mengurangi macet pada jam sibuk.

"Sebagai jalan arteri yang dilewati sekitar 130.000 orang setiap hari serta 200.000 orang menyeberanginya, kami tidak dapat terus mengalokasikan ruang jalan untuk parkiran mobil di jalanan itu," kata Donnellan.

Pembangunan akan dimulai akhir tahun ini untuk meningkatkan persimpangan yang akan memberi lampu hijau lebih lama bagi pengendara di sepanjang Hoddle Street dan Punt Road.

Di sekitar kawasan itu juga akan ada jalur khusus bus dari jalan Victoria Street sampai Eastern Freeway. Setiap hari sekitar 1.000 bus hilir-mudik di sepanjang jalan Punt Road dan jalan Hoddle Street.

"Kami berharap pada akhir ujicoba ini kita akan memiliki jalan raya tanpa kendaraan parkir di bahu jalan mulai dari Eastern Freeway sampai ke Sungai (Yarra)," kata Donnellan.

Lokasi parkir alternatif

Menteri Donnellan mengatakan sekitar 25 persen alokasi waktu lampu hijau di sepanjang Hoddle Street didedikasikan bagi pengendara yang menempuh perjalanan dengan arah lurus.

Dalam perubahan baru nanti, alokasi waktu lampu hijau ini akan ditingkatkan menjadi sekitar 50 persen. Dampaknya, kendaraan yang hendak berbelok kanan harus menunggu lebih lama untuk mendapat giliran lampu hijau.

"Perubahan ini akan secara efektif memberi alokasi waktu lampu hijau yang lebih lama bagi lebih banyak pengendara, serta perjalanan yang lebih bisa diandalkan," kata Donnellan.

Salah satu perusahaan asuransi utama RACV sebelumnya menyerukan perlunya lebih banyak aturan clearway di jalan-jalan sibuk setelah kebijakan serupa sukses diterapkan di sepanjang Punt Road.

Menteri Donnellan mengatakan Pemerintah Victoria akan bekerja sama dengan pengusaha dan warga setempat untuk mencari parkiran alternatif.

"Kami akan berkonsultasi dulu. Kami akan bicara dengan pengusaha, bicara dengan warga. Kamia akan pastikan identifikasi kapasitas di daerah sekitar untuk mengakomodasi kebutuhan parkiran tersebut," katanya.

Dia mengatakan masa konsultasi dengan masyarakat selama dua bulan mengenai rencana ini sedang berjalan. Dia menambahkan akan ada gangguan dalam beberapa bulan seiring dengan diterapkannya aturan ini.

Diterjemahkan pada 4/9/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris di sini.