ABC

Melbourne Sukses Menggelar Festival Jalanan Selama 12 Jam

Sejumlah media di Melbourne, Senin (24/2/2014), melaporkan kesuksesan acara White Night atau Malam Putih yang digelar pada akhir pekan. Tak tanggung-tanggung, festival jalanan yang disaksikan lebih dari 500.000 orang ini digelar selama 12 jam. Anda ingin melihat kemeriahannya? Berikut laporannya.

ABC International, Erwin Renaldi
White Night atau Malam Putih digelar untuk kedua kalinya di Melbourne. Festival ini menampilkan puluhan atraksi hiburan dan seni di seluruh penjuru pusat kota. Selain di Melbourne, White Night juga digelar di kota-kota besar dunia lainnya, seperti di Saint Petersburg, Paris, Roma, untuk merayakan musim panas.
ABC International, Vipul Koshla
Seni proyeksi cahaya dipantulkan di sejumlah gedung-gedung di pusat kota Melbourne. Seperti di jalan Federation, dimana stasiun Flinders berada, para pengunjung bisa menikmati keindahan gedung-gedung yang bertemakan 'Wonderland'. Cahaya yang dipantulkan pun menampilkan gambar yang berbeda-beda.
ABC International, Erwin Renaldi
ABC International, Fiona Lim
Diperkirakan pada tahun ini White Night di Melbourne disaksikan oleh lebih dari 500.000 warga. Jalanan di pusat kota Melbourne telah ditutup sejak sore hari. White Night digelar selama 12 jam dari pukul 7 malam hingga pukul 7 pagi. Sejumlah media melaporkan kesuksesan White Night di Melbourne, karena tidak terjadi keributan dan kebersihan kota yang relatif terjaga sepanjang malam hingga pagi hari.
ABC International, Vipul Koshla
Sejumlah instalasi cahaya yang ditampilkan seolah mengangkat kehidupan kota Melbourne yang penuh warna dan dinamis. Salah satunya adalah kumpulan foto-foto tattoo yang dimiliki warga kota Melbourne yang diproyeksikan di tembok gedung National Gallery of Victoria.
ABC International, Erwin Renaldi
Sementara itu di depan gedung Perpustakaan Negara Bagian Victoria, cahaya yang diproyeksikan lebih berbau sains dan ilmu pengetahuan umum. Di dalam perpustakaan pun disajikan seri pengetahuan umum, seperti soal DNA, penyakit-penyakit yang pernah menjangkit dunia, ke tembok besar dan kubah.
ABC International, Erwin Renaldi
Tak hanya atraksi hiburan dan musik, ternyata ada pula kuliah yang digelar di tengah malam. Kampus Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) menggelar kuliah soal filsafat tepat pada pukul 12 malam.
ABC International, Erwin Renaldi
Sementara itu ada pula musisi jalanan yang mengambil kesempatan untuk 'manggung' dan menghibur pengunjung dan meramaikan suasana White Night.
ABC International, Erwin Renaldi
Di lapangan Federation Square, digelar menari bersama. Uniknya acara menari bersama ini digelar hingga menjelang matahari terbit. Para pengunjung diajak untuk belajar menari. Tarian yang ditampilkan pun cukup beragam, mulai dari tarian tradisional ala Kepulauan Pasifik hingga tarian modern gaya Beyonce.