ABC

Melbourne Gratiskan Tram di Pusat Kota

Pemerintah negara bagian Victoria, tempat Melbourne terletak, berencana akan menggratiskan naik tram di kawasan pusat kota serta Docklands Melbourne. Selain itu, ongkos naik tram, bis dan kereta antar zona pun akan diturunkan.

Skema transportasi yang diperkirakan memakan biaya 100 juta dollar (Rp 1 triliun) tiap tahunnya diumumkan menjelang pemilihan umum negara bagian bulan November ini.

Dalam skema tersebut, perjalanan menggunakan tram di daerah Docklands, yang terletak di sebelah barat pusat kota, dan di daerah pusat kota, tepatnya antara Flinders Street, Spring Street, Latrobe Street, dan pasar Queen Victoria Market, akan digratiskan.

Selain itu, akan diberlakukan tarif yang sama bagi pengguna transportasi umum yang melakukan perjalanan antar zona.

Ongkos tram di kota Melbourne selama ini dibedakan berdasarkan zona. Zona 1 mencakup pusat kota dan sekitarnya, sedangkan zona 2 mencakup daerah pinggiran yang lebih jauh.

Menurut Menteri Transportasi Victoria, Terry Mulder, banyak penduduk yang sebenarnya tinggal di zona 2 terpaksa menempuh jarak cukup jauh ke zona 1, demi membayar ongkos lebih rendah.

"Maka kami akan memberlakukan ongkos rata untuk zona 1," jelas Mulder, "Tapi, bila mereka melnjutkan perjalanan di apa yang saat ini kita sebut zona dua, mereka masih membayar ongkos yang didiskon saat ini."

Ia mejelaskan bahwa bagi mereka yang berlangganan kartu Myki, yang digunakan untuk membayar ongkos transportasi umum di Melbourne, penurunan biaya antar zona ini bisa membantu menghemat sebesar 750 dollar setahun, sedangkan mereka yang membayar harian bisa menghemat 1.200 dollar per tahun.

Mulder menambahkan bahwa skema ini akan meredakan kemacetan, karena para penumpang tak harus menggunakan kartu Myki mereka dengan cara menyentuhkannya ke alat khusus yang ada di dalam tram.

Menurut menteri utama Victoria, Denis Naphtine, tindakan tersebut juga akan mendorong keluarga-keluarga yang tinggal di daerah pinggiran untuk menggunakan transportasi publik.

Pemimpin oposisi, Daniel Andrews, menyatakan ingin menjadikan transportasi publik lebih baik dan terjangkau.

"Siapapun yang anda pilih tanggal 29 November nanti, sistem transportasi publik kita akan lebih terjangkau," katanya, "Ini yang diinginkan penduduk Victoria, yaitu kota kelas dunia...saya rasa perubahan yang diinginkan para pengguna transportasi publik adalah lebih mudah mendapat tempat duduk."

Mulder menyatakan bahwa tram yang lebih panjang akan mulai beroperasi akhir tahun ini.