ABC

Melbourne Bangun Teater Pop-up William Shakespeare

Pembangunan Globe Theatre kedua berskala penuh sedang dibangun di Melbourne, yang nantinya memberi kesempatan bagi warga dan pengunjung Melbourne untuk menikmati drama karya William Shakespeare seperti aslinya.

"Kami akan tampil dalam enam minggu, dengan sebuah teater tiga lantai berkapasitas 900 orang, 100 ton," kata Miles Gregory, pengagas proyek tersebut.

"Penonton akan disiram."

Bangunan pop-up Globe Theatre dibangun di Auckland, Selandia Baru pada tahun 2016 untuk memperingati 400 tahun kematian Shakespeare. Setelah tiketnya ludes terjual dalam beberapa musim, kini akan tiba di Sidney Myer Music Bowl, kota Melbourne, bulan September 2017.

Much Ado About Nothing, As You Like It, Othello dan Henry V akan ditampilkan di Melbourne.

Pop-up replika Globe Theatre di Selandia Baru, dan akan dibangun di Melbourne akhir 2017.
Pop-up replika Globe Theatre di Selandia Baru, dan akan dibangun di Melbourne akhir 2017.

Foto: Koleksi Globe Theatre.

Teater yang dibangun sesuai dengan desain aslinya yang sudah berusia 400 tahun, tapi ada beberapa modifikasi.

Pencahayaan yang standar akan digunakan untuk pertunjukan di malam hari. Akan ada pula fasilitas toilet modern di dekatnya.

Selain itu, panitia mengatakan pertunjukan akan sangat dekat, seperti yang saat menikmati karya Shakespeare di era-nya, dengan desain terbuka di luar ruangan.

"Jika hujan, Anda akan basah kuyup," kata Gregory.

"Ini seperti mesin waktu, seperti pesta, penonton tertawa, bertepuk tangan, bersorak ... di tiga lantai."

"Ada banyak sentuhan modern, ya ... tapi ini bukan seperti Shakespeare tua yang berdebu."

Pemerintah Victoria menolak mengatakan berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk membawa pertunjukan tersebut ke Melbourne.

Namun, Menteri Pariwisata negara bagian Victoria John Eren mengatakan akan menciptakan lapangan kerja bagi 100 pekerja konstruksi, hingga 120 posisi lainnya selama musim pertunjukkan.

"Kami biasanya memiliki rasio dari setiap dolar yang kami investasikan dalam acara, diperkirakan sekitar 10," katanya.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 7/07/2017 pukul 12:00, dari artikel aslinya dalam bahasa Inggris, bisa dibaca disini.