ABC

Melacak Perjalanan Virus Hepatitis A di Dalam Beri Beku dari China

Sejumlah warga Australia sekarang didiagnosa menderita hepatitis A setelah makan buah beri beku yang diimpor dari China.

Karena itu, beri beku dengan merek Nanna's seberat 1 kilogram telah ditarik dari pasaran. Demikian juga dengan paket 300 gram an 500 gram dari Creative Gourmet beri campur, dan juga paket 1 kg raspberries, yang diproduksi oleh perusahaan yang sama yang juga membuat beri yang sama untuk Nanna's.

Mengapa beri ini bisa tercemar virus hepatitis A? Mengapa virus tersebut tidak mati ketika buah beri itu dibekukan. Inilah beberapa penjelasan yang didapat oleh ABC.

Hepatitis A adalah virus yang menyebabkan pembengkakan hati. (www.microbeworld.org)

Bagaimana kemungkinan buah beri tercemat virus hepatitis A?

Menurut Associate Professor Sanjaya Senanayake, seorang pakar penyakit menular di Australian National University, hepatitis A bisa menyebar lewat rute "faecal-oral'.

"Ini artinya mereka yang tangannya terkontaminasi bisa menyebarkan virus tersebut." katanya.

Jadi infeksi tersebut bisa menyebar dari pekerja di perusahaan pengepakan yang sudah terkena hepatitis A, dan tidak mencuci tangan dengan bersih sebelum memegang buah beri.

"Atau kemungkinan dari kotoran manusia, dimana mungkin ada air yang tercemar kotoran manusia yang mengandung hepatitis A, dan air ini digunakan untuk mencuci beri. Ini kemungkinan lainnya." kata Senanayake.

Mengapa membekukan beri itu tidak membunuh virus hepatitis A?

Professor Enzo Palombo, pakar kesehatan dan keselamatan makanan di Departemen Kimia dan Bioteknologi di Swinburne University of Technology di Melbourne mengatakan membekukan beri tidak akan mematikan hepatitis A.

"Virus itu tidak berkembang dalam makanan yang dibekukan, namun tetap bisa menular dan pada dasarnya terlindungi ketika dalam pengiriman." kata Prodessor Palombo,

Jadi ketika makanan itu dicairkan, virusnya menjadi aktif lagi.

"Ini bukannya berlaku bagi virus seperti hepatitis A saja, namun juga bakteri yang sering dikaitkan dengan makanan seperti  salmonella, E. coli, listeria, semuanya  bisa bertahan di dalam suhu beku." kata Senanayake said.

Apakah memasak akan mematikan virus hepatitis A ?

Memasak bisa mematikan virus, namun makanan itu harus dipanaskan di atas suhu 85 derajat Celcius.

"Bila kita memanaskan makanan di atas suhu tersebut selama satu atau dua menit, maka virusnya akan mati. Tetapi suhunya lebih rendah dari itu, virus itu akan bertahan hidup." kata Associate Professor Senanayake.

Dia tidak merekomendasikan memasak buah beri yang sekarang sudah diperintahkan untuk ditarik dari peredaran tersebut, yang menurutnya sekarang harus dibuang atau dikembalikan ke tempat penjualnya.

Apakah ada yang bisa dilakukan konsumen untu terhindar dari kemungkinan seperti ini?

Walau mungkin banyak mungkin sekarang kapok untuk membeli beri beku lagi, Associate Professor Senanayake  mengatakan peristiwa ini boleh disebut langka.

"Mereka yang sudah makan beri selama bertahun-tahun tidak terkena hepatitis A, mungkin karena dalam prosesnya mampu mencegah adanya kontaminasi."

"Jadi kalau ada satu produk tercemar, tidak berarti kita tidak boleh atau harus menghindar dari beri."

"Jadi yang paling penting adalah mengetahui dimana salahnya, bisa menidentifikasi apa yang terjadi dan kemungkinan menidentifikasinya di masa depan bila terjadi lagi."

Apa itu Hepatitis A?

Hepatitis A adala virus  yang menyebabkan pembengkakan hati.

Gejalanya adalah demam, rasa letih, kehilangan nafsu makan, sakit perut, kecing berwarna hitam.

Makanan yang mungkin terkontaminasi hepatitis A

- Makanan yang tidak dimasak seperti salad, buah atau sayuran yang dimakan tanpa dikupas terlebih dahulu, dan makanan yang dipegang oleh mereka yang tercemar.

- Kerang yang berasal dari air yang tercemar.
Hepatitis A juga bisa menyebar lewat hubungan seksual.

Masa inkubasi virus ini adalah 15-50 hari.