ABC

Masa (Liburan) Paskah di Australia

Masa Paskah di Australia adalah masa yang khusus  bahkan bagi mereka yang tidak beragama ataupun menganut kepercayaan selain Kristen. Masa libur selama empat hari (Jumat-Senin, 18-21 April) merupakan kesempatan menikmati berbagai kegiatan, selain juga kegiatan keagamaan.

Ini beberapa kegiatan liburan Paskah di Australia.

Agama
Agama
Flickr: CC StephenMitchell
Bagi penganut Kristen, Paskah berarti kelahiran kembali, kebangkitan dan permulaan baru.

Inilah yang akan diperingati dalam berbagai misa/kebaktian selama masa Paskah. Banyak penganut Kristen yang jarang pergi ke gereja secara teratur akan menyempatkan pergi ke salah satu misa tersebut.
Tradisi
Kebiasaan
Flickr: CC Sarah Horrigan
Di negara-negara Barat termasuk Australia, tidak ada Paskah tanpa roti bertanda salib (hot cross). Roti yang berisi buah kering ini sudah dijual di supermarket beberapa bulan sebelum Paskah. Dalam tahun-tahun belakangan, roti yang dijual juga semakin bervariasi seperti rasa toffe, kurma, hazelnut atau mocha.

Yang juga menjadi kebiasaan adalah pantang makan daging (berwarna merah) pada hari Jumat Agung, yang juga dilakukan mereka yang tidak terlalu alim. Bagi beberapa kalangan ini sudah merupakan kebiasaan yang diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya, bukan karena ajaran agama untuk perlunya berpantang atau berpuasa.
Mitos
Mitos
ABC
Tidak ada yang tahu persis dari mana asal kelinci paskah, namun dalam ratusan tahun terakhir, kelinci menjadi pengantar coklat bagi anak-anak di seluruh dunia.

Bagi anak-anak di Australia, Hari Minggu Paskah pasti akan diwarnai dengan acara mencari telur paskah di halaman gereja, atau rumah atau taman. Juga biasanya dalam keluarga besar akan saling bertukar kado berisi coklat, walau di beberapa keluarga yang semakin sadar dengan gaya hidup sehat mengganti hadiah dengan uang atau hadiah lain.

Dalam beberapa tahun terakhir ini di Australia ada gerakan untuk mengganti kelinci dengan binatang khas Australia, Bilby, sebagai simbol Paskah.
Kelinci yang masuk ke Australia lewat para migran dari Eropa sudah banyak menimbulkan kerusakan alam dan habitat lain. Sekarang coklat berbentuk bilby mulai banyak dipasarkan, dan beberapa perusahaan kemudian menyumbang sebagian keuntungan bagi proyek pelestarian bilby.
Berlibur
Berlibur
ABC: Rochelle Johnson
Hari Jumat Agung dan Hari Senin adalah hari libur nasional di Australia, karenanya hampir sebagian besar bisnis tutup, sehingga menjadi kesempatan bagi semua orang untuk berlibur selama beberapa hari.
Kegiatan seperti berkemah, mendaki gunung, berselancar, memancing, ski air, maupun mengendarai mobil ke pedalaman Australia merupakan kebiasaan popular.

Namun semua ini tentu harus direncanakan dari jauh-jauh hari karena biasanya penginapan biasanya sudah penuh dipesan sejak beberapa bulan sebelumnya.
Belanja
Belanja
Flickr: CC stephane contri
Jam buka toko berubah-ubah dari tahun ke tahun, antar negara bagian, dan juga bahkan satu toko ke toko lainnya, tergantung jenis bisnis mereka.

Namun, terutama bagi wanita, Paskah juga berarti kesempatan untuk berbelanja. Ibu-ibu muda biasanya menggunakan kesempatan ini karena suami mereka pasti di rumah, sehingga bisa menjaga anak, dan mereka menghabiskan waktu di luar belanja, minum kopi sambil bergosip dengan teman wanita lainnya.
Kegiatan untuk Seluruh Keluarga
Kegiatan untuk Seluruh Keluarga
ABC: Brett Williamson
Setiap tahun Sydney Royal Easter Show menyediakan hiburan bagi anak-anak atau mereka yang masih muda.
Dimulai pertama kali di tahun 1823, acara ini merupakan perayaan tahunan terbesar di Australia, dengan 900 ribu orang berkunjung setiap tahunnya.
Pertunjukkan Musik
Pertunjukkan Musik
ABC Licensed: Joseph Mayer Photography 2012
Sejumlah pertunjukkan musik juga berlangsung di berbagai belahan Australia, tergantung selera musik anda.
Ada National Folk Festival di Canberra, Byron Bay Bluesfest (NSW), musik dunia dan musik klasik di Four Winds Festival (NSW) dan musik gospel di Easterfest (Queensland).
Berbagai acara ini biasanya diselenggarakan selama beberapa hari dan selalu menarik nama-nama pemusik top dunia untuk tampil. Karena diselenggarakan di luar ruangan, banyak peserta selain menikmati musik juga menikmati kegiatan berkemah di sana.
Sport, sport dan sport
Sport, sport dan sport
ABC Licensed: Russell Ord
Entah anda seorang atlet atau penonton, begitu banyak acara olahraga dilangsungkan selama musim libur paskah ini.
Untuk pacuan kuda, di arena di seluruh negeri akan berlangsung berbagai pacuan. Yang paling besar adalah di Oakbank, Australia Selatan, dimana sekitar 60 ribu orang akan menghadiri lomba pacuan selama 2 hari.

Di negara bagian Victoria, atlet dari berbagai belahan dunia akan hadir mengikuti lomba Stawell Gift, lomba atletik berbagai kategori di kota Stawell 237 km dari kota Melbourne. Lomba ini pertama kali diselenggarakan di tahun 1878, dimana pemenang pertamanya WJ Millard berlatih dengan mengejar kangguru di peternakannya.
Juga akan berlangsung lomba surfing professional tertua di Bells Beach (Victoria), lomba perahu layar di Queensland, rodeo di Victoria, dan tentu saja berbagai pertandingan sepakbola gaya Australia (AFL) akan dilangsungkan di musim liburan Paskah ini.