ABC

Mantapnya Khasiat Echinacea

Echinacea, tanaman yang sejenis dengan bunga matahari, bukan hanya bisa menghilangkan pilek akibat musim dingin, tapi juga memiliki khasiat penyembuhan bagi kulit Anda.

Bukan hanya penghilang pilek

Bersama sup ayam dan makanan yang kaya vitamin-C, echinacea disebut-sebut sebagai andalan ketiga untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi pilek sejak dini.

Tapi manfaat antimikroba dan anti-inflamasi dari ramuan ini sudah dikenal ratusan tahun, dan dimanfaatkan lebih dari sekadar mengatasi hidung beringus.

Sebagaimana dijelaskan dalam website University of Maryland Medical Center "para arkeolog telah menemukan bukti bahwa penduduk asli Amerika mungkin telah menggunakan echinacea selama lebih dari 400 tahun untuk mengobati infeksi dan luka, dan sebagai "obat untuk semua."

Sepanjang sejarah echinacea telah digunakan untuk mengobati penyakit seperti demam berdarah, sifilis, malaria, keracunan darah dan difteri, dan pengobatan herbal modern menggunakannya untuk mengobati segala sesuatu dari demam hingga infeksi telinga.

Tanaman ajaib (yang benar-benar cantik dan berasal dari keluarga daisy) mengandung beberapa zat aktif yang membuat bagian penting obat-obatan alamiah.

Kekuatan bunga

Echinacea moisturiser
Pelembab Echinacea.

Supplied: Swisse

Masuk akal bahwa echinacea juga dapat bermanfaat ketika dioleskan ke kulit Anda. Dan hal ini memang sudah dipakai di sejumlah produk kecantikan.

"Terkadang ketika mengembangkan produk perawatan kulit, kami terjebak mencoba bahan baru yang lagi trend, dan lupa mempertimbangkan waktu pengujian untuk membuktikan bahan-bahan itu karena tidak 'glamor'," jelas spesialis perawatan kulit Swisse, Selina Mithen, yang mengukur kekuatan penyembuhan echinacea bagi kulit.

Echinacea merupakan bahan yang baik bagi kulit yang rawan ternoda, sebab efek antimikroba ramuan ini dapat memerangi bakteri.

"Dia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kulit kemerahan dan iritasi," jelas Mithen.

Jadi jika kulit Anda masih seperti tidak stabil dan suka jerawatan, cobalah pelembab yang mengandung echinacea.

Echinacea memiliki efek membersihkan dan menenangkan pada kulit. Anda dapat menambahkannya ke masker kecantikan buatan sendiri jika diperlukan saat berjerawat dengan memilih pelembab seperti Swisse Echinacea Clear Skin Moisturiser. Pelembab ini menggabungkan ekstrak echinacea dengan pohon teh dan jagung, yang dari waktu ke waktu dapat mengurangi kadar minyak dan bintik-bintik pada kulit sehingga mengendalikan munculnya jerawat.

Artikel ini diproduksi oleh Swisse.